Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak

Kompas.com - 17/01/2023, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang menanjak disertai lalu lintas yang padat kerap menjadi medan yang susah untuk dilalui oleh sebagian orang.

Tidak sedikit peristiwa kecelakaan terjadi di jalan yang kondisi geometriknya miring. Hal ini disebabkan pengemudi mobil membutuhkan keahlian khusus, atau setidaknya terbiasa dengan medan tersebut.

Jika tidak, maka rasa was was ketika membawa mobil di medan tersebut pun tidak bisa dihindari. Maka dari itu diperlukan trik khusus untuk diikuti agar pengemudi lebih percaya diri saat melewati jalan menanjak dan macet.

Baca juga: Manfaat Ganti Oli Transmisi Mobil Matik secara Rutin

Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova DieselKompasOtomotif Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova Diesel

Satlantas Polresta Bogor Kota mengimbau kepada masyarakat yang melintasi jalan menanjak disertai macet agar menggunakan gigi rendah untuk mobil-mobil matik.

“Pastikan gigi percepatan selalu berada di gigi rendah, 1 atau L untuk mobil matik, dengan demikian torsi akan senantiasa terjaga dan aman untuk melibas tanjakan yang curam sekali pun,” tulis Satlantas Polresta Bogor Kota di Instagram, Senin (16/1/2023).

Hal serupa juga disampaikan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Dia mengatakan ketika kemiringan tanjakan cukup ekstrem memang dibutuhkan untuk untuk menggunakan gigi rendah untuk mobil matik.

Baca juga: Benarkah Mobil Manual Lebih Kuat di Tanjakan Dibanding Matik?\

Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).

“Posisi D sebenarnya tidak masalah, namun apabila diperlukan tenaga atau torsi yang besar, bisa menggunakan S1 atau L sehingga gigi transmisi matik tetap berada di posisi gigi 1 dan tidak berpindah ke gigi 2,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (16/1/2023).

Dia mengatakan cara tersebut terbilang cukup aman, karena saat mobil menanjak memang membutuhkan daya puntir yang besar untuk mobil bisa melibas tanjakan.

“Torsi yang besar pada mobil matik itu, dapat dihasilkan dengan memindahkan tuas transmisi matik ke S1 atau L,” ucap Didi.

Baca juga: Salah Injak Pedal, Mobil Matik Terperosok ke Selokan

Antrean panjang kendaraan menuju kawasan wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu  (30/7/2022).ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA Antrean panjang kendaraan menuju kawasan wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022).

Jadi, saat kondisi jalan memang berupa tanjakan disertai macet, maka Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan gigi rendah pada mobil matik dengan memindah tuas transmisi ke posisi S1, 1 atau L. Huruf atau angka tersebut tergantung dengan tipe mobil, karena biasanya beda mobil beda kode untuk gigi rendahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.