Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Awal PO Rosalia Indah Pakai Pramugari, Kini Jadi Andalan

Kompas.com - 16/01/2023, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com –Bagi pengguna layanan bus antar kota dan provinsi (AKAP), pemandangan awak bus pria menjadi hal yang sudah tidak asing lagi.

Mulai sopir pertama, sopir kedua hingga kernet dari perusahaan otobus (PO) identik dengan pria.

Namun PO Rosalia Indah seolah menyingkirkan stigma jika profesi awak bus harus pria dengan meluncurkan layanan pramugari. Ide ini sekaligus jadi PO pertama di Indonesia dengan pramugari.

Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport mengatakan, jika dirinya mencetuskan inovasi pelayanan pramugari pada 2016.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Arti Warna Lampu Rotator, Merah, Kuning dan Biru

“Saat merintis layanan ini juga tidak mudah karena wanita naik di bus melayani penumpang dari awal ke tujuan. Kalau di kereta atau di pesawat lebih dari satu, nah kalau di bus itu pramugarinya hanya seorang diri. Maka pada awalnya khawatir jika tidak kerasan atau tidak tahan kerja di bus besar,” kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (15/1/2023).


Dari rasa khawatir tersebut, pihak perusahaan melakukan trial error dan evaluasi agar pelayanan ini bisa berkelanjutan. Agar pramugari lebih nyaman, PO Rosalia Indah juga menyediakan mess atau tempat istirahat yang layak.

“Biasanya kalau kernet atau sopir itu bisa tidur di dalam bus, di bagasi bus, kalau pramugari kita cari SDM yang unggul, kita berikan pelatihan yang baik, maka dari itu perusahaan juga menyediakan fasilitas yang baik seperti mess istirahat yang layak di pool asal dan pool tujuan,” kata ucap Dimas.


Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Pramugari di PO Rosalia Indah sendiri tersedia di layanan bus premium atau kelas double decker. Jika ada seorang pramugari di dalam bus tersebut maka tidak ada kernet. Maka dari itu peran dari pramugari sangat dibutuhkan untuk setiap perjalanan.

“Kalau bus premium itu tidak ada kenek. Jadi susunan tim nya yaitu pramugari satu dan sopir dua,” kata Dimas.

Baca juga: Bisa Ditiru Pengemudi di Indonesia, Kasih Jalan Ambulans Pakai Teknik 45 Derajat

Jika pada saat merintis layanan ini jumlah pramugari hanya 10 orang, kini pramugari PO Rosalia Indah berjumlah kurang lebih dari 60 orang untuk di hampir semua rute. Bahkan ada yang sudah 5 tahun menjadi pramugari di PO Rosalia Indah.

Namun Dimas menegaskan jika memberikan fasilitas yang nyaman dari perusahaan tidak hanya untuk pramugari atau pramugara saja, tapi juga ke awak bus lain yaitu sopir dan juga kernet,

“Sopir itu kalau di Rosalia disebutnya kapten dan wakil kapten. Kalau kernet disebut asisten kapten. Untuk mereka kita siapkan juga susana kerja yang nyaman dan tenang sehingga bisa melayani pelanggan dengan sepenuh hati,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.