Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Rampung, Underpass Dewi Sartika di Depok Segera Diresmikan

Kompas.com - 16/01/2023, 14:07 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Underpass Jalan Dewi Sartika, Depok, segera diresmikan. Peresmiannya akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris di Alun-alun Kota Depok, beberapa waktu lalu. Rencananya, peresmian itu akan dilakukan pada Selasa (17/1/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

Baca juga: Ingat Lagi, Motor Jangan Berteduh di Underpass atau di Bawah Flyover

Disebutkan bahwa Underpass Dewi Sartika sudah rampung sejak Desember 2022. Namun, ada tahap finalisasi berupa pemasangan instalasi seni pada dinding underpass.

Progress proyek underpass Dewi Sartika, Depok pada Rabu (4/1/2023).KOMPAS.com/M Chaerul Halim Progress proyek underpass Dewi Sartika, Depok pada Rabu (4/1/2023).

Proyek Underpass Dewi Sartika yang memakan waktu sekitar satu tahun ini memiliki panjang penanganan 970 meter. Sementara panjang underpass mencapai 470 meter.

Underpass tersebut akan memiliki dua jalur satu arah. Lalu lintas dari arah Sawangan akan masuk underpass untuk selanjutnya diteruskan ke Jalan Margonda Raya.

Baca juga: Imbas Pembangunan Underpass, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Depok

Proyek ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan yang sebelumnya sering terjadi di Jalan Dewi Sartika. Sebab, lalu lintas sebelumnya dari arah Sawangan harus melewati pelintasan sebidang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau perkembangan pembangunan proyek underpass Dewi Sartika, Depok pada Senin (8/8/2022). (Dokumen: Pemprov Jabar)M Chaerul Halim Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau perkembangan pembangunan proyek underpass Dewi Sartika, Depok pada Senin (8/8/2022). (Dokumen: Pemprov Jabar)

Namun, belum diketahui apakah nantinya lalu lintas di Jalan Arif Rahman Hakim akan kembali seperti sebelumnya, di mana berlaku satu arah dari arah Margonda setiap pukul 15.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Begitu pula dengan lalu lintas di Jalan Nusantara Raya, yang saat ini berlaku dua arah dan sebelumnya hanya satu arah dari arah Jalan Arif Rahman Hakim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com