Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Akan Luncurkan Produk Baru, Skutik Retro Grand Filano?

Kompas.com - 16/01/2023, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan meluncurkan produk baru pada Selasa (17/1/2023). Berdasarkan undangan yang redaksi terima, memang belum diberi tahu apa motor yang akan diperkenalkan.

Tapi jika melihat ke Instagram resmi Yamaha Indonesia, terdapat tiga unggahan yang mengacu pada produk baru tersebut. Semuanya menarasikan 'It's Time to Be The Next Level' dan tanggal peluncuran, yakni 17 Januari 2023.

Jika dilihat pada kolom komentar, banyak yang berasumsi kalau motor yang meluncur adalah Grand Filano atau Grande. Skuter matik (Skutik) tersebut sebelumnya sudah diperkenalkan di Vietnam dan Thailand.

Baca juga: Rider SR8, Ketika Yamaha dan Kawasaki Melebur Jadi Motor Listrik

Yamaha Grand Filano di Thailandgreatbiker Yamaha Grand Filano di Thailand

Kalau melihat spesifikasi Grand Filano yang ada di Thailand, bisa dibilang memang menarik untuk pasar Indonesia. Apalagi melihat respon pasar yang cukup baik saat diluncurkan awal tahun lalu.

Grand Filano punya desain yang retro namun dengan teknologi yang modern. Pada bagian depan, tampak seperti skutik Eropa yang punya sayap besar, ditambah lampu LED yang tipis modelnya, menarik perhatian.

Kalau dari samping, teringat bagian bodi seperti Fino, namun lebih halus tarikan garisnya. Sedangkan di bagian buritan, modelnya manis, dengan kombinasi lampu LED yang terpisah antara rem dan sen.

Baca juga: Terjadi Lagi, Remaja Tewas karena Hadang Truk Demi Konten

Untuk mesin, Grand Filano dilengkapi dengan mesin 125 cc Blue Core dengan teknologi hybrid. Bisa dibilang, mesin yang digunakan serupa dengan yang ada pada Fazzio di Indonesia.

Memang, teknologi hybrid pada Fazzio bisa dibilang masih mild, tapi diklaim bisa membantu dalam efisiensi bahan bakar dan akselerasi awal.

Perbedaan dengan Fazzio adalah posisi tangki Grand Filano ada di depan, seperti FreeGo. Jadi bagasi yang ada di bawah jok jadi makin lega, 27 liter dan bisa menyimpan helm di dalamnya.

Fitur lain yang hadir pada Grand Filano adalah layar instrumen sudah full TFT dan terkoneksi ke telepon genggam lewat aplikasi YConnect. Selain itu ada fitur Stop and Start System (SSS) serta sudah keyless.

Acara peluncuran produk baru Yamaha akan terlaksana di Hotel St. Regis di Kuningan besok pukul 08.00 WIB. Menarik untuk ditunggu motor apa yang akan dibawa Yamaha di awal 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com