Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ganti Ban Baru yang Hanya Sepasang Wajib untuk Belakang?

Kompas.com - 16/01/2023, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ban sudah mulai menipis, pemilik mobil wajib melakukan pergantian. Pasalnya komponen yang satu ini sangat berpengaruh pada kenyamanan, bahkan keselamatan dalam berkendara.

Meski demikian, tak sedikit pemilik mobil saat waktunya melakukan pergantian tak memiliki dana yang cukup. Imbasnya membeli ban dengan cara mencicil, yakni hanya sepasang.

Pertanyaan yang kerap timbul saat membeli ban hanya sepasang, baiknya untuk dipasang pada bagian depan atau belakang?

Baca juga: Alasan Chery Belum Luncurkan EQ1, Rival Wuling Air ev di Indonesia

Menjawab hal ini, Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) manager PT Gajah Tunggal Tbk menjelaskan, pergantian dua ban sah-sah saja dilakukan selama itu ditempatkan pada bagian belakang.

Ilustrasi ban mobil, ban HankookDok. Hankook Ilustrasi ban mobil, ban Hankook

"Bila hanya sepasang, baiknya untuk belakang. Jadi ban belakang yang lama diganti dengan yang baru untuk menghindari oversteer," ujar Zulpata kepada Kompas.com, beberapa hari lalu.

Zulpata menjelaskan, semua pabrikan sebenarnya mendesain ban agar understeer. Kondisi tersebut lantaran dianggap masih lebih mudah dikendalikan dibandingkan oversteer.

Karena itu, pergantian ban baru di belakang menjadi hal yang sangat disarankan untuk menghindari dampak oversteer.

Baca juga: Sering Disepelekan, Kerikil di Ban Mobil Bisa Berdampak Fatal

Ilustrasi ban mobil, ban HankookDok. Hankook Ilustrasi ban mobil, ban Hankook

Selain itu, pergantian ban baru yang wajib diletakan pada bagian belakang juga tidak berpengaruh pada jenis penggerak mobilnya, baik gerak depan atau belakang.

"Kalau ban baru dan hanya sepasang lalu difungsikan mengganti bagian depan saja, itu akan sangat memungkinkan menimbulkan oversteer, kondisinya lebih rawan dibandingkan understeer," ucap Zulpata.

Bila ternyata ban yang habis bagian depan, tapi di belakang masih memiliki permukaan yang bagus, Zulpata menyarankan agar melakukan perpindahan atau rotasi.

Jadi ban belakang lama yang masih bagus dipindahkan ke bagian depan. Sementara dua ban baru untuk disematkan ke bagian belakang.

Baca juga: Mau Ganti Satu Set, Cek Harga Ban Mobil Januari 2023

Balancing roda Autoban Balancing roda

"Satu lagi yang jangan dilupakan, setiap mengganti ban karena melepas dari pelek jadi wajib sekaligus di spooring karena penting untuk menjaga kelurusan dan kestabilan roda," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.