Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Bisnis PO Rosalia Indah Tetap Moncer di Indonesia

Kompas.com - 16/01/2023, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) kini kian bersaing ketat dengan memberikan pelayanan terbaik untuk menarik pelanggan.

Kendati telah bermunculan PO baru untuk meramaikan bisnis layanan transportasi darat berupa bus antar kota dan provinsi (AKAP), namun tidak sedikit yang harus gulung tikar. PO Rosalia Indah menjadi menjadi salah satu yang masih eksis di Indonesia.

Adimas Rosdian, Direktur PT Rosalia Indah Transport, mengatakan, berani melakukan inovasi menjadi kunci agar bisnis PO tetap bertahan dan terus tumbuh.

“Untuk inovasi sendiri memang ada step by step dan tidak mudah. Zaman juga berkembang, dulu mungkin pelayanan cenderung kuno, tapi sekarang semua sudah menggunakan teknologi dan digitalisasi. Jadi sesimpel itu aja, yaitu mengikuti perkembangan zaman,” kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (15/1/2023).

Baca juga: Polisi Tegaskan Lagi Motor Dilarang Naik JLNT

Dimas yang bergabung untuk mengembangkan PO Rosalia Indah sejak 2012 menuturkan jika dirinya mencoba merapikan hal yang harus dibenahi dalam perusahaan dengan inovasi yang mengikuti perkembangan zaman. Namun, pada awal mulanya ada penolakan dari pihak internal.

“Tapi itu adalah hal yang wajar itu dalam sebuah proses. Jadi resepnya adalah kita pelajari dulu semuanya dari awal. Ditekuni dan pelajari budaya perusahaan terkait manajemen seperti apa,” kata Dimas.

Pramugari dan pramugara PO Rosalia IndahPO Rosalia Indah Pramugari dan pramugara PO Rosalia Indah

Dari situ, Dimas melakukan inovasi berupa penjualan tiket secara online pada 2016. Kemudian saat ini PO Rosalia mempunyai situs dan aplikasi khusus untuk para calon penumpang yang ingin membeli tiket.

“Jadi berawal dari saya sendiri sebagai anak muda, saya selalu pegang ponsel dan akrab dengan digitalisasi. Maka dari itu setelah saya masuk Rosalia Indah, saya melihat ini (tiket bus) sebenarnya bisa dimudahkan dalam bentuk gadget malah belum,” kata Dimas.

Tidak lama setelah itu, putra dari Yustinus Soeroso tersebut juga meluncurkan inovasi berupa layanan premium dengan pramugari dan pramugara.

Pada saat menerapkan layanan ini awalnya tidak mudah lantaran bus identik dengan dunia pria, sehingga dikhawatirkan para pramugari tidak nyaman.

Baca juga: Polisi Tegaskan Lagi Motor Dilarang Naik JLNT

Namun, menurut Dimas seiring berjalannya waktu infrastruktur jalan di Indonesia telah berkembang dengan baik, sehingga transportasi darat berupa bus juga bisa bersaing dengan pesawat atau kereta,

“Untuk kedepannya masih banyak masukan dan pengembangan-pengembangan serta banyak pembenahan di sana-sini. Harapannya nanti di tahun ini kita punya online tiket yang lebih praktis lagi untuk digunakan oleh pelanggan PO Rosalia Indah,” kata Dimas.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.