Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2023, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mengganti ban mobil, tidak jarang orang bingung apa yang menjadi patokannya. Apakah dari kondisinya atau usia ban tersebut?

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, dua hal tadi bisa dijadikan patokan dalam penggantian. Sebab, ada saja mobil yang jarang digunakan, sehingga bannya masih dalam kondisi yang baik.

“Ban harus diganti jika kondisi fisiknya sudah tidak layak. Misal sudah gundul, sobek, atau ada kerusakan di beberapa bagian yang memang tidak bisa diperbaiki lagi,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mau Ganti Ban Mobil, Apakah Harus Menunggu Sampai Botak?

Kerusakan yang dimaksud adalah seperti ban yang gembung, flat spot karena rem mendadak sampai keausan yang tidak rata dan sudah parah sehingga menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSight

Zulpata mengatakan, selama ban tersebut kondisinya masih baik, maka tidak perlu dilakukan penggantian. Ban cenderung masih aman untuk digunakan.

“Tidak ada masalah dengan usia atau dengan waktu produksi ban, selama ban masih dalam kondisi baik tidak perlu melakukan penggantian,” kata Zulpata.

Baca juga: Beli Ban Mobil Sepasang, Lebih Baik Dipasang di Depan atau Belakang?

Untuk melihat kondisi ban, salah satunya bisa dengan memerhatikan batas tinggi alur ban, yakni dengan mengecek Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di telapak ban. Jika alur sudah menyentuh indikator tersebut, lebih baik segera lakukan penggantian ban.

BFGoodrich baru saja meluncurkan ban mobil penumpang jenis on-road BFGoodrich Advantage Touring untuk pasar Indonesia. BFGoodrich Advantage Touring ini merupakan ban ekonomis dan efisien yang didesain khusus untuk memberikan  kenyamanan dan kepercayaan diri para pengemudi dalam setiap perjalanan.

BFGoodrich BFGoodrich baru saja meluncurkan ban mobil penumpang jenis on-road BFGoodrich Advantage Touring untuk pasar Indonesia. BFGoodrich Advantage Touring ini merupakan ban ekonomis dan efisien yang didesain khusus untuk memberikan kenyamanan dan kepercayaan diri para pengemudi dalam setiap perjalanan.

Sebelum melakukan penggantian ban, berikut ini daftar kisaran harga ban mobil per Januari 2023, diambil dari berbagai sumber:

165/65/13
Hankook Kinergy Eco2 - Rp 615.000

165 R13
Dunlop Van Radial Steel-Lt5 - Rp 885.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.