Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Tambal Ban Ternyata Mobil Wajib Balancing

Kompas.com - 09/01/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya saat mengganti, tapi usai menambal ban mobil yang bocor ternyata pemilik mobil sebenarnya juga diwajibkan melakukan proses balancing.

Hal ini berlaku bagi metode tambal dari dalam alias payung, yang secara prosesnya mengharuskan untuk melepas ban dari pelek.

"Yang harus diperhatikan, setelah menambal ban untuk payung atau plug patch, harus dilakukan proses kesimbangan lagi atau balancing," ucap On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, kepada Kompas.com, Minggu (8/1/2023).

Baca juga: Jangan Asal Tambal Ban, Ini Metode yang Paling Disarankan

Ban tubeless tertusuk pakuKompas.com Ban tubeless tertusuk paku

Menurut Zulpata, hal tersebut dilakukan untuk memastikan perputaran roda setelah dilakukan tambal ban tetap nyaman dan stabil ketika digunakan.

"Tujuan balancing agar tidak terjadi vibrasi pada rodanya. Jadi dalam kondisi ban di lepas untuk tambal, ada kemungkinan besar keseimbangannya akan berubah," kata Zulapata.

Penambalan dari dalam dengan model payung, diklaim Zulpata, merupakan metode yang paling benar untuk dilakukan saat ban bocor.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Matik Baru di Bawah Rp 200 Juta per Januari 2023

Balancing roda Autoban Balancing roda

Selain karena prosesnya sesuai prosedur, tambal ban model payung juga memiliki tingkat kerapatan pada permukaan yang bocor lebih sempurna dari model tusuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com