Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Prototipe Kawasaki Ninja BEV, Sudah Mirip Versi Produksi

Kompas.com - 11/01/2023, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki pada akhir 2022 memperkenalkan produk yang rendah emisinya, salah satu yang dibawa adalah Ninja BEV (Battery Electric Vehicle).

Sesuai dengan namanya, Ninja BEV merupakan motor listrik berbasis baterai. Secara tampilan, Ninja BEV ini mirip dengan Ninja 250 yang ada di Indonesia, tapi dimensinya sedikit lebih ramping.

Dikutip dari Autoby, Ninja BEV yang masih prototipe ini bisa dibilang sudah mirip versi produksi. Selain itu, prototipe yang dibawa saat EICMA 2022 ini sudah jauh berbeda dari prototipe EV sport yang dibuat tahun 2019.

Baca juga: Harga Motor Sport 250cc Kawasaki dan Yamaha Naik Awal Tahun Baru

Prototipe Kawasaki Ninja BEV, motor listrik berbasis baterai dari Kawasaki untuk pasar EropaAUTOBY.jp Prototipe Kawasaki Ninja BEV, motor listrik berbasis baterai dari Kawasaki untuk pasar Eropa

Pada model prototipe EV sport, motor listrik Kawasaki tersebut masih memakai transmisi empat percepatan. Sedangkan di Ninja BEV, cuma memakai satu transmisi, layaknya motor listrik pada umumnya.

Ninja BEV pun sebenarnya dijadwalkan dijual pada 2023, mengisi pasar Eropa untuk kategori SIM A1. Oleh karena itu, dimensinya kompak, seperti Ninja 125 yang dijual di Eropa.

Dari bentuk fairing, dibuat menutupi baterai dan rangka motornya. Modelnya sedikit lebih lebar namun ada beberapa saluran udara untuk mengeluarkan panas atau mendinginkan baterai.

Baca juga: Ini Beda Tugas Sopir 1 dan Sopir 2 di Bus AKAP


Kemudian, Ninja BEV yang cuma punya satu gigi transmisi berarti tidak ada tuas untuk memindahkan gigi di foot peg kiri. Sedangkan untuk baterai, memakai dua baterai dengan kapasitas 3 kWh yang disambung ke motor listrik dan digerakkan oleh roda belakang melalui rantai.

Lalu, dari segi desain memang serupa dengan Ninja 125 yang ada di Eropa. Bedanya, sudah dilengkapi dengan lampu sein LED baik di depan maupun belakang, mengambil dari ZX-25R.

Uniknya, di setang sisi kanan ada tombol eBoost. Tampaknya tersedia mode power, di mana tenaga yang dikeluarkan motor listrik jadi lebih besar, untuk mendapatkan akselerasi yang lebih cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.