Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW E30 merupakan salah satu mobil ikonik yang jadi idola para anak muda diera 90an. Terlebih lagi mobil ini digunakan dalam film Catatan Si Boy yang menjadi tontonan para anak muda di masanya.

Tak heran jika mobil ini menjadi incaran baru para kolektor item, tidak terkecuali bagi para modifikator yang ingin meminang sedan Jerman tersebut untuk disegarkan tampilannya.

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Ari, pemilik dari BMW E30 318i M40 Mtech 2 lansiran tahun 1990. Sebelumnya Ari menceritakan, bahwa sejak duduk di bangku kuliah dirinya sangat impikan BMW E30 berada di garasi rumahnya.

Baca juga: Sistem One Way di Serpong dan Pamulang Berlaku Efektif Awal 2023

“Awal mula saya mendapatkan mobil ini karena saya memiliki teman baik yang bisa dibilang lebih dari saudara. Dia merelakan mobil kesayangannya untuk saya rawat dengan baik sehingga pada akhirnya beliau melepaskan hak sepenuhnya kepada saya,” ucap Ari, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by AirPull (@airpullsuspension)

Mobil ini dulu pada saat kuliah saya sangat impikan untuk ada di garasi rumah dan alhamdulillah sekarang tercapai dan akan perlahan dirawat dengan baik,” lanjutnya.

Seiring berjalannya waktu, Ari mulai melakukan restorasi untuk kembali menyegarkan tampilannya. Serta beberapa modifikasi agar bisa ikut tampil kontes.

“Untuk konsep modifikasi ini lebih stance, karena dari awal saya ingin lihat mobil impian dengan keadaan serendah-rendahnya untuk sektor kaki kaki. Jadi ada bahan untuk mencari inspirasi,” ucap Ari.

Ari mengaku, proses modifikasi mobil BMW E30 ini tergolong membangun mobil dari nol dengan kondisi jalur kelistrikan yang cukup berantakan sehingga sering terjadi korsleting.

BMW 318i E30 M40 Mtech2dok Ari BMW 318i E30 M40 Mtech2

“Kemudian karena sudah berumur, pernah terjadi ambrol di jalan untuk bagian sasis,” ucap pria yang juga memiliki bengkel modifikasi di bidang air suspension, restorasi dan kelistrikan, bernama AirPull.

Di bagian interior, Ari menyematkan air suspension merek Airpull 4 titik management sehingga tetap nyaman tapi juga bisa untuk gaya. Dari segi fitment, Ari menggunakan pelek berukuran R17 lebar 9-10 dengan profil ban depan 205/40 dan belakang 215/40.

“Dengan lebar seperti ini bagian belakang masih bisa slammed dan chamber. Bagian depan hanya mencium bibir pelek ke lips fender,” kata dia.

BMW 318i E30 M40 Mtech2dok Ari BMW 318i E30 M40 Mtech2

Selanjutnya pada bagian interior, Ari hanya mengubah jok depan menggunakan jok replika Recaro. Sementara untuk sektor audio menggunakan 1 unit subwoofer.

Baca juga: Langkah Antisipasi Rem Blong saat Turunan Panjang

Adapun untuk waktu pengerjaan modifikasi mobil ini, Ari mengaku membutuhkan waktu sekitar 1 tahun dengan dana mencapai Rp 30 - Rp 40 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.