Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW E30 Tampil Ceper, Jadi Makin Ganteng

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW E30 merupakan salah satu mobil ikonik yang jadi idola para anak muda diera 90an. Terlebih lagi mobil ini digunakan dalam film Catatan Si Boy yang menjadi tontonan para anak muda di masanya.

Tak heran jika mobil ini menjadi incaran baru para kolektor item, tidak terkecuali bagi para modifikator yang ingin meminang sedan Jerman tersebut untuk disegarkan tampilannya.

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Ari, pemilik dari BMW E30 318i M40 Mtech 2 lansiran tahun 1990. Sebelumnya Ari menceritakan, bahwa sejak duduk di bangku kuliah dirinya sangat impikan BMW E30 berada di garasi rumahnya.

“Awal mula saya mendapatkan mobil ini karena saya memiliki teman baik yang bisa dibilang lebih dari saudara. Dia merelakan mobil kesayangannya untuk saya rawat dengan baik sehingga pada akhirnya beliau melepaskan hak sepenuhnya kepada saya,” ucap Ari, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

Seiring berjalannya waktu, Ari mulai melakukan restorasi untuk kembali menyegarkan tampilannya. Serta beberapa modifikasi agar bisa ikut tampil kontes.

“Untuk konsep modifikasi ini lebih stance, karena dari awal saya ingin lihat mobil impian dengan keadaan serendah-rendahnya untuk sektor kaki kaki. Jadi ada bahan untuk mencari inspirasi,” ucap Ari.

Ari mengaku, proses modifikasi mobil BMW E30 ini tergolong membangun mobil dari nol dengan kondisi jalur kelistrikan yang cukup berantakan sehingga sering terjadi korsleting.

“Kemudian karena sudah berumur, pernah terjadi ambrol di jalan untuk bagian sasis,” ucap pria yang juga memiliki bengkel modifikasi di bidang air suspension, restorasi dan kelistrikan, bernama AirPull.

Di bagian interior, Ari menyematkan air suspension merek Airpull 4 titik management sehingga tetap nyaman tapi juga bisa untuk gaya. Dari segi fitment, Ari menggunakan pelek berukuran R17 lebar 9-10 dengan profil ban depan 205/40 dan belakang 215/40.

“Dengan lebar seperti ini bagian belakang masih bisa slammed dan chamber. Bagian depan hanya mencium bibir pelek ke lips fender,” kata dia.

Selanjutnya pada bagian interior, Ari hanya mengubah jok depan menggunakan jok replika Recaro. Sementara untuk sektor audio menggunakan 1 unit subwoofer.

Adapun untuk waktu pengerjaan modifikasi mobil ini, Ari mengaku membutuhkan waktu sekitar 1 tahun dengan dana mencapai Rp 30 - Rp 40 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/31/114200415/bmw-e30-tampil-ceper-jadi-makin-ganteng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke