Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem One Way di Serpong dan Pamulang Berlaku Efektif Awal 2023

Kompas.com - 31/12/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengatasi kemacetan di kawasan Pamulang dan Serpong, Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberlakukan sistem one way (satu arah).

Rencananya pemberlakuan sistem one way tersebut mulai efektif diberlakukan pada periode awal 2023.

Sebagai informasi sistem one way telah diuji coba di kawasan Serpong pada tanggal 20 hingga 24 Desember 2022 lalu. Sedangkan di wilayah Pondok Cabe, Pamulang, direncanakan segera menyusul pada awal tahun 2023.

Baca juga: Land Rover Defender Berjejal Ban 35 Inci Racikan Arctic Trucks

Uji coba one way di kawasan Serpong berlangsung di Simpang Tiga Buaran – Simpang Empat Viktor – Simpang Empat Muncul hingga Simpang Bundaran Tekno. Ada 2 opsi yang dijalankan, di mana masing-masing dilakukan selama 2 hari sejak tanggal 20 Desember hingga 24 Desember 2022.

Pada opsi pertama, seluruh kendaraan dari arah BSD menuju Simpang Empat Viktor dibuat satu arah melalui Jalan Buaran. Lalu arus kendaraan yang menuju Simpang Empat Muncul dari arah Simpang Empat Viktor juga dibuat satu arah.

Tugu Pamulang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan, kini ditutupi seng, Kamis (15/4/2021).KOMPAS.com/Ihsanuddin Tugu Pamulang di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan, kini ditutupi seng, Kamis (15/4/2021).

Berikutnya, kendaraan yang menuju Simpang Bundaran Tekno dari arah Simpang Empat Muncul dibuat satu arah melalui Jalan Raya Serpong.

Lalu pada opsi kedua, penerapan one way relatif sama di mana arus dari BSD dibuat satu arah menuju Simpang Empat Viktor melalui Jalan Raya Buaran. Begitu pun laju kendaraan dari Simpang Empat Muncul dibuat satu arah menuju Simpang Bundaran Tekno.

Perbedaannya hanya pada Jalan Raya Puspiptek, di mana kendaraan dari Simpang Empat Viktor menuju Simpang Empat Muncul tetap dibuka untuk 2 arah.

“Dua-duanya sudah kita terapkan opsinya, kemungkinan nanti pemberlakuannya setelah Pam (Pengamanan) Nataru. Jadi kemarin kita sudah bersepakat dengan beberapa unsur OPD, kecamatan, Polres, dan yang lainnya," ucap Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lalin) Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Topan, dikutip dari NTMC Polri, Sabtu (31/12/22).

"Kita sudah ada sebagian hasilnya, perbandingan dari 2 opsi tadi. Mudah-mudahan di awal tahun sudah ada informasi pemberlakuannya," lanjutnya. 

Topan melanjutkan, uji coba pemberlakuan one way akan segera dilakukan pula di kawasan South City, Pondok Cabe, Pamulang. Namun upaya itu akan dilakukan bertahap melalui kajian bersama forum lalu lintas setelah pemberlakuan one way di kawasan Simpang Empat Viktor, Serpong.

“Kemarin itu usulannya, South City di Pondok Cabe, kita mau uji cobakan juga. Kita juga nanti survei, kita pantau lewat drone mana volumenya yang padat, yang krusial, dialihkan ke mana. Kita masih rencana, memang setelah ini (Serpong) selesai kita akan fokus di sana,” kata dia.

Baca juga: Pengendara Motor Cuek Lawan Arah, Ternyata Kena ETLE Mobile

Seperti diketahui, pada pagi dan sore hari kerja kemacetan sulit dihindari di beberapa ruas jalan di Kota Tangsel. Antrian kendaraan bahkan sampai mengular panjang hingga viral di unggahan media sosial. Berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya dengan pemberlakuan one way.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.