Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2022, 09:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelanggaran lalu lintas masih kerap dilakukan para pengendara sepeda motor. Banyak yang menaati aturan lalu lintas hanya karena ada polisi yang bertugas.

Tapi, kali ini tidak sedikit pengendara motor yang cuek lawan arah, meskipun ada mobil patroli polisi yang sedang bertugas. Kejadian ini terekam di media sosial, di mana petugas kepolisian sedang melakukan penindakan pelanggaran.

Bedanya, bukan tilang manual, melainkan dengan ETLE Mobile.

Baca juga: Ribuan Pengendara Langsung Terjaring ETLE Mobile

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jakut.info, Jumat (30/12/2022). Keterangan pada unggahan itu menyebutkan bahwa para pemotor nekat melawan arah dan tidak menggunakan helm. Para pelanggar aturan lalu lintas tersebut tidak menyadari bahwa ada anggota polisi yang sedang melakukan tilang menggunakan ETLE Mobile.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA UTARA INFO (@jakut.info)

"Kejadian tersebut di Jalan Yos Sudarso dekat halte Plumpang, Jakarta Utara," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Untuk diketahui, rencana penggunaan ETLE Mobile sudah disosialisasikan sejak September 2022. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman berharap, seluruh ruas jalan di Jakarta bisa dipasang kamera ETLE Mobile.

Baca juga: Kena ETLE Mobile, Begini Cara Bayar Dendanya

ETLE MobileIstimewa ETLE Mobile

“Tentunya kami juga akan menerima kebijakan daripada Korlantas, khususnya dalam ETLE mobile yang akan dikembangkan karena diharapkan secara keseluruhan nanti tidak ada lagi penilangan secara manual,” kata Latif, dikutip dari NTMC Polri, Kamis (22/9/2022).

“Ini yang diharapkan oleh Bapak Kapolri dan mudah-mudahan di Jakarta pun ini bisa terwujud segera. Jadi di seluruh ruas jalan bisa diawasi penegakan hukumnya melalui ETLE yang ada,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.