Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Cuek Lawan Arah, Ternyata Kena ETLE Mobile

Kompas.com - 31/12/2022, 09:44 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelanggaran lalu lintas masih kerap dilakukan para pengendara sepeda motor. Banyak yang menaati aturan lalu lintas hanya karena ada polisi yang bertugas.

Tapi, kali ini tidak sedikit pengendara motor yang cuek lawan arah, meskipun ada mobil patroli polisi yang sedang bertugas. Kejadian ini terekam di media sosial, di mana petugas kepolisian sedang melakukan penindakan pelanggaran.

Bedanya, bukan tilang manual, melainkan dengan ETLE Mobile.

Baca juga: Ribuan Pengendara Langsung Terjaring ETLE Mobile

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @jakut.info, Jumat (30/12/2022). Keterangan pada unggahan itu menyebutkan bahwa para pemotor nekat melawan arah dan tidak menggunakan helm. Para pelanggar aturan lalu lintas tersebut tidak menyadari bahwa ada anggota polisi yang sedang melakukan tilang menggunakan ETLE Mobile.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA UTARA INFO (@jakut.info)

"Kejadian tersebut di Jalan Yos Sudarso dekat halte Plumpang, Jakarta Utara," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Untuk diketahui, rencana penggunaan ETLE Mobile sudah disosialisasikan sejak September 2022. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman berharap, seluruh ruas jalan di Jakarta bisa dipasang kamera ETLE Mobile.

Baca juga: Kena ETLE Mobile, Begini Cara Bayar Dendanya

ETLE MobileIstimewa ETLE Mobile

“Tentunya kami juga akan menerima kebijakan daripada Korlantas, khususnya dalam ETLE mobile yang akan dikembangkan karena diharapkan secara keseluruhan nanti tidak ada lagi penilangan secara manual,” kata Latif, dikutip dari NTMC Polri, Kamis (22/9/2022).

“Ini yang diharapkan oleh Bapak Kapolri dan mudah-mudahan di Jakarta pun ini bisa terwujud segera. Jadi di seluruh ruas jalan bisa diawasi penegakan hukumnya melalui ETLE yang ada,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com