Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Transjakarta Beroperasi 24 Jam Saat Nataru

Kompas.com - 23/12/2022, 06:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan DKI Jakarta memastikan angkutan umum seperti Transjakarta akan beroperasi penuh saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Syafrin Liputo, Kadishub DKI Jakarta, mengatakan, untuk mendukung kelancaran ibadah Natal serta perayaan malam tahun baru, pihaknya akan menerjunkan total sebanyak 1.100 personel.

Personel Dishub DKI Jakarta bakal disebar di lokasi keramaian, tempat wisata, terminal, serta pelabuhan.

"Kami juga akan lakukan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi. Khusus sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin kami ploting 144 personel," ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (20/12/2022).

Baca juga: Tes Innova Zenix Bensin, Penuh Rasa Baru?

Untuk memaksimalkannya, pihaknya berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk menambah bus dan memperpanjang jam operasional.

Pada 24 Desember, layanan reguler akan diperpanjang hingga pukul 23:00 dan layanan malam (Amari) akan tetap beroperasi mulai pukul 22:00 hingga 05:00 WIB.

Sementara pada 25 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023, layanan reguler beroperasi normal dan layanan Amari beroperasi mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

Baca juga: Modifikasi Hedon Daihatsu Gran Max, Pakai Air Suspension

Seperti diketahui, PT Transjakarta telah memperpanjang jam operasional bagi warga DKI Jakarta menjadi 24 jam sejak September 2022.

Dengan kebijakan tersebut, artinya bus Transjakarta bakal beroperasi penuh selama 24 jam saat libur Nataru.

Di samping itu, Transjakarta juga akan menambah lima bus wisata yang beroperasi di rute New Jakarta (Istiqlal – Bundaran HI) dan Skyscraper (IRTI – Bundaran Senayan) selama perayaan Natal dan Tahun Baru (25 Desember – 8 Januari 2023).

Baca juga: Pemerintah Siapkan Insentif Kendaraan Listrik Rp 5 Triliun pada 2023

Suasana di dalam bus transjakarta yang melayani angkutan malam hari (amari) saat melintas di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (3/6/2014). Terkait rencana pengoperasian bus selama 24 jam, Unit Pengelola (UP) Transjakarta telah resmi mengoperasikan 18 armada transjakarta amari sejak 1 Juni.WARTA KOTA / ANGGA BHAGYA NUGRAHA Suasana di dalam bus transjakarta yang melayani angkutan malam hari (amari) saat melintas di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (3/6/2014). Terkait rencana pengoperasian bus selama 24 jam, Unit Pengelola (UP) Transjakarta telah resmi mengoperasikan 18 armada transjakarta amari sejak 1 Juni.

Lalu, juga akan ada penambahan frekuensi dan rute di tempat-tempat wisata seperti TMII, Ancol, dan Ragunan:

- 4H Pulo Gadung 2 – Ragunan
- 13D Puri Beta – Ragunan
- 5H Harmoni – Ancol
- 7D Kampung Rambutan (TMII) – Pancoran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com