Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bodi Bus yang Meluncur dari Karoseri Sepanjang 2022

Kompas.com - 23/12/2022, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri pembuat bodi bus di tahun 2022 menghadirkan berbagai model terbaru yang ditawarkan kepada para pengusaha. Hal ini mengikuti kondisi permintaan bodi bus yang membaik setelah pandemi.

Pada saat awal pandemi Covid-19, pesanan bodi bus sempat sepi, bahkan beberapa PO menunda pengambilan unit barunya. Namun saat ini, kondisi sudah mulai bisa dikendalikan, karoseri juga banyak yang merilis bodi baru.

Karoseri Laksana

Legacy SR3 XHD Ultimate KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Legacy SR3 XHD Ultimate

Pertama, untuk Karoseri Laksana di awal tahun memperkenalkan susunan bus baru, yakni Suites Combi yang dipasang pada bodi bus besar. Suites Combi sendiri adalah gabungan antara Legacy SR2 Transporter dengan Suites Class.

Jadi pada bagian depan ada bus dengan kabin biasa dan dari tengah ke belakang, ada bangku sleeper. Saat itu, PO pertama dan satu-satunya yang menggunakan bodinya adalah Sinar Jaya.

Kemudian pada ajang GIIAS 2022, Laksana memperkenalkan generasi baru dari Legacy SR3 yang punya ubahan desain lebih elegan. Saat itu, ada tiga bus dibawa dengan pilihan Panorama, Suites Family, dan Suite Combi.

Baca juga: Seberapa Besar Kapasitas Produksi Sasis Bus Volvo di Indonesia?

Bus terakhir yang diperkenalkan Laksana di 2022 adalah Discovery terbaru. Sama dengan generasi sebelumnya, Discovery kini dipasang dengan bahasa desain yang serupa dengan Legacy SR3, namun posisi mesinnya di depan.

Karoseri Adiputro

Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi PutroKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Oppal Buzz Studio, studi podcast berjalan dengan bodi Jetbus Transit buatan Adi Putro

Kedua, ada Karoseri Adiputro yang menguji coba bus medium monokok yang dinamakan Jetbus Transit. Selain itu pada GIIAS 2022, dibawa Jetbus Transit dengan interior yang diubah menjadi studi podcast berjalan.

Selain itu, Karoseri Adiputro banyak mengerjakan bus dengan kabin yang di-custom. Misalnya bus pariwisata merah milik Travelink, lalu ada bus tingkat milik PO Juragan99 yang dipasang model Dream Coach di kabin atas.

Baca juga: Duka Pengemudi Truk di Indonesia, Nasib Makin Buruk

Karoseri New Armada

PO Pandawa 87 Rilis Bus Baru, Gunakan Hino RM 280 dan bodi Skylander R22 SHD buatan Karoseri New ArmadaDOK. PT HMSI PO Pandawa 87 Rilis Bus Baru, Gunakan Hino RM 280 dan bodi Skylander R22 SHD buatan Karoseri New Armada

Pada 2022, Karoseri New Armada memperkenalkan Skylander R22. Bodi ini adalah pembaruan dari Skylander R19 dengan desain yang lebih agresif serta terlihat dinamis dibanding model sebelumnya.

Selain itu, Skylander R22 punya beberapa opsi yang menarik dan baru ditawarkan oleh New Armada. Misal spion kamera, lalu ada videotron di bagian belakang bus, sampai running text LED di kabin yang menggantikan TV.

Karoseri Tentrem

Bus listrik Velocity W5 E-Inobus buatan Karoseri Tentrem dan PT INKAKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Velocity W5 E-Inobus buatan Karoseri Tentrem dan PT INKA

Karoseri Tentrem pada 2022 memperkenalkan bus listrik terbaru hasil kerja sama dengan PT INKA. Bus listrik besar dengan model low entry tersebut diberi nama Velocity W5 E-Inobus yang dibawa juga saat KTT G20 di Bali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com