Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harap Sabar, Inden Kijang Innova Zenix Hybrid Tembus 1 Tahun

Kompas.com - 17/12/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya berselang dua pekan setelah peluncurannya pada 21 November 2022, total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Toyota Kijang Innova Zenix mencapai 4.000 unit. Dari pesanan yang masuk 80 persen diklaim merupakan pembeli Kijang Innova varian hybrid.

Dengan data tersebut, diperkirakan distribusi generasi ketujuh Kijang Innova itu bisa tembus hingga satu tahun, alias sampai Desember 2023.

Pasalnya, produksi Innova Zenix setiap bulan hanya 3.000 unit sampai dengan 4.000 unit, dengan persentase 40:60 untuk varian hybrid dan mesin bensinnya. Pasalnya, proses produksi di pabrik butuh waktu untuk bisa mencapai angka produksi maksimal.

Bukan proses sederhana yang ketika pesanan bulanan meledak, kemudian pabrik bisa tambah kapasitas produksi. Proses ini butuh penyesuaian dari pasokan komponen, jumlah tenaga kerja, sampai waktu perakitan yang perlu disesuaikan, sehingga butuh proses panjang.

Belum lagi pasokan cip semikonduktor yang masih belum normal, ikut menghambat proses produksi jadi langsam.

Baca juga: Era Elektrifikasi Harus Dimulai dari Sepeda Motor

Kesimpulan ini diungkapkan salah satu diler resmi Toyota Indonesia, Daya Toyota Cakung, Jakarta Timur. Di mana bagi konsumen yang ingin meminang Innova Zenix Hybrid, harus rela melewati masa tunggu relatif lama.

Innova Zenix V BensinKOMPAS.com/Adityo Wisnu Innova Zenix V Bensin

“Dengan menghitung jumlah inden dan estimasi suplai, kita bilang (inden sampai) satu tahun. Tergantung kapasitas produksi seperti apa. Kalau ditingkatkan bisa lebih cepat, kalau ada kendala lagi bisa lebih lama,” ucap Kepala Cabang Daya Toyota Cakung, Teguh Andriyanto, saat ditemui Kompas.com di kawasan Jakarta Timur, Jumat (16/12/2022).

Teguh mengatakan, saat ini pemesanan untuk Kijang Innova Zenix Hybrid di dilernya mencapai 47 SPK, 60 persen pemesanan didominasi oleh tipe Q. Sementara untuk Innova Zenix bermesin bensin, masa tunggunya lebih cepat.

“Perbandingan pemesanan Innova Zenix hybrid dan bensin di diler kami itu 1 banding 6, jadi selama warna dan tipe (Zenix bensin) yang diinginkan konsumen tersedia ya tidak perlu menunggu lama,” kata dia.

Sementara itu, diler resmi Toyota Indonesia Auto2000 sebelumnya juga memperkirakan bahwa distribusi Kijang Innova Zenix mencapai 5-6 bulan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.