Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Lampu LED Aftermarket, Jangan Asal Sekadar Terang

Kompas.com - 10/12/2022, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan lampu LED pada kendaraan, sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Bahkan banyak mobil lawas yang bermigrasi menggunakan LED.

Tak sekadar untuk mengejar tampilan, tapi juga visibilitas yang lebih baik terutama saat berkendara malam hari. Namun demikian, menggunakan bohlam LED tetap ada aturannya, hal terpenting dalam pemilihan produk yang tak boleh asal.

Menurut Tommy, National Sales Manager Rayton Indonesia, baiknya pemilik mobil memilih LED dengan merek yang sudah dikenal dan memiliki distributor resmi karena biasanya sudah teruji dalam hal kualitas.

"Bohlam LED bermerek terkenal umumnya telah melewati uji kualitas, sehingga dijamin memiliki durabilitas tinggi. Selain itu pastikan memilih dengan sinar yang terfokus, tidak melebar dan mudah mati bila terkena guncangan," ujar Tommy dalam keterangan resminya, Sabtu (10/12/2022).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Pakai Octan Booster Berbahaya untuk Kendaraan?

Selain itu, pemilihan temperatur warna LED juga penting agar tak menyilaukan pengguna jalan lain. Untuk lampu utama disarankan sebesar 4.300 Kelvin berwarna putih kekuningan, atau 6.000 K dengan kelir putih bening.

Pilihan lampu LED aftarmerket RDT by RaytonRDT Pilihan lampu LED aftarmerket RDT by Rayton

Untuk lampu dim, menurut Tommy yang pas 4.300 K agar tak membuat silau. Sementara untuk lampu kabut, baiknya pilih temperatur 2.800-3.000K dengan warna kuning emas atau 4.300 putih kekuningan agar sorotannya bisa menembus kabut dan hujan deras.

Rayton Indonesia sendiri mencoba meramaikan pasar LED aftermarket dengan tiga varian yang lebih spesifik bagi konsumen yang diklaim sesuai apa yang diinginkan dan dibutuhkan.

Dengan segmentasi tersebut, Tommy mengatakan konsumen di Indonesia bisa lebih tepat guna memilih produk LED yang sesuai fungsi dan kebutuhan. Sedangkan perbedaan dari ketiganya terletak dari kualitas, harga, keunikan, serta value-nya.

Baca juga: Sensasi Singkat di Balik Kemudi Innova Zenix V Bensin

"Kami memiliki 3 segmen varian lampu LED, yaitu tipe standard, tipe middle atau menengah, dan tipe premium. Semua tipe ini tentunya dengan spesifikasi OEM Quality," katanya.

Untuk tipe standar dipasarkan Rp 150.000 dengan kualitas standar dan watt rendah. Sementara tipe menengah harganya Rp 250.000 - Rp 300.000, dan premium dibanderol di atasnnya namun tak lebih dari Rp 600.000.

Pilihan lampu LED aftarmerket RDT by RaytonRDT Pilihan lampu LED aftarmerket RDT by Rayton

Selain itu, konsumen juga akan mendapat garansi dari distributor selama 1-2 tahun dari pertama kali dipasang.

"Ini semua kita berikan kepada konsumen di Indonesia agar dapat memilih dan merasakan langsung value of product dari brand RTD by Rayton. Garansi produk saja, tidak untuk error dalam pemasangan seperti ada modifikasi penambahan tambah sulam kabel di luar ketentuan SOP pemasangan buku petunjuk," kata Tommy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.