Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Isi BBM Saat Hujan Dapat Volume Lebih Banyak

Kompas.com - 10/12/2022, 12:42 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Musim hujan suhu udara luar jadi lebih dingin. Banyak yang menilai kondisi tersebut berpengaruh terhadap perubahan volume isi tangki bahan bakar. 

Dari anggapan tersebut, muncul asumsi bahwa mengisi BBM saat cuaca hujan dianggap lebih menguntungkan karena volume yang didapatkan bisa lebih banyak. 

Hal itu terjadi akibat udara dingin yang membuat volume cairan bensin dianggap berubah jadi padat. 

Lantas, apakah benar demikian?

Menjawab hal ini, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibilty (CSR) Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho menjelaskan, memang benar, suhu udara dingin menyebabkan penyusutan bahan bakar yang berubah sifat. 

Baca juga: Toyota Trust Bikin Mudah Kepemilikan Kijang Innova Zenix

"Perubahan sifat tersebut terbukti, cairan bensin saat cuaca dingin menyusut dan jadi padat. Akan tetapi, volumenya masih tetap," ucap Brasto saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/12/2022). 

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

Dia mencontohkan, prinsip perubahan sifat alamiah bahan bakar tersebut seperti berlaku pada truk tangki. Kenyataannya, saat isi BBM dipindahkan ke tempat penampungan SPBU tak ada penambahan volume. 

"Salah kaprah jika mengartikan isi BBM sewaktu udara dingin lebih banyak. Kalau benar demikian, pastinya SPBU di mana-mana meminta untuk restock saat udara dingin," kata dia. 

Sementara itu, Pakar Konversi Energi Otomotif Universitas Negeri Semarang (Unnes) Widya Aryadi menambahkan, isi ulang BBM situasi apa saja, baik itu hujan atau panas volume BBM di tangki tetap tidak berubah. 

Baca juga: Ingat Lagi Manfaat Isi Bensin Full Tank untuk Mobil

Indikator bahan bakar kendaraan, E artinya empty, end, atau emergency?ibrandify/freepik Indikator bahan bakar kendaraan, E artinya empty, end, atau emergency?

"Itu cuma persepsi manusia, sejak dahulu sudah ada. Yang benar, volume BBM di tangki tetap sama di tengah kondisi cuaca apapun. Justru yang berbahaya jika kandungan air hujan mengontaminasi BBM, bisa mengubah kompresi mesin," kata Widya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.