Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Pernah Kepincut Suzuki

Kompas.com - 08/12/2022, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan manager tim Suzuki Ecstar Livio Suppo mengungkapkan Fabio Quartararo pernah punya memiliki kesempatan pindah ke Suzuki. Karena waktu itu kecewa dengan pengembangan Yamaha.

Namun rencana memboyong Juara Dunia MotoGP 2021 tersebut buyar karena pabrikan asal Hamamatsu, Jepang, tersebut ke hengkang dari MotoGP mulai musim 2023.

“Dia tampaknya cukup muak dengan situasinya, sampai-sampai Fabio dengan senang hati akan datang kepada kami. Akan menyenangkan melihatnya di Suzuki,“ kata Suppo mengutip Tuttomotoriweb, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Daftar Motor Honda yang Meluncur Sepanjang 2022

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat balapan MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Fabio Quartararo finis ketiga di belakang Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini. Terkini, Fabio Quartararo akan berjuang memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2022 di Valencia. Quartararo akan menjalani operasi jari tengah usai MotoGP Valencia 2022 usai. (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)AFP/MOHD RASFAN Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat balapan MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Fabio Quartararo finis ketiga di belakang Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini. Terkini, Fabio Quartararo akan berjuang memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2022 di Valencia. Quartararo akan menjalani operasi jari tengah usai MotoGP Valencia 2022 usai. (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)

Sedikit kilas balik, pada paruh pertama musim MotoGP 2022, salah satu topik off-track yang paling banyak diperdebatkan adalah perpanjangan kontrak Quartararo.

Kontrak pebalap asal Perancis itu berakhir pada 2022 dan Quartararo tidak menyembunyikan bahwa dia tidak puas terhadap Yamaha. Quartararo menginginkan motor yang lebih kompetitif.

Sebelumnya, pada musim 2021 dia secara terbuka memberi tahu pabrikan asal Iwata, Jepang itu apa yang tidak berfungsi dan apa yang perlu diperbaiki, tetapi dia tidak mendapatkan jawaban yang diharapkan.

Kekecewaan terbesar Quartararo adalah menemukan bahwa mesin motor Yamaha YZR-M1 2022 pada dasarnya sama seperti pada 2021 tanpa kemajuan yang berarti.

Direktur pengelola Yamaha, Lin Jarvis kemudian mengungkapkan bahwa sebenarnya mesin baru telah dikembangkan tapi belum digunakan karena masih butuh riset dan pengembangan.

Baca juga: Sabuk Keselamatan Penumpang Bus Pariwisata Menjadi Urgensi

Suzuki Spanish rider Joan Mir (C) sits in the box as team members prepare his motorbikes during the first practice session of the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on April 29, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Suzuki Spanish rider Joan Mir (C) sits in the box as team members prepare his motorbikes during the first practice session of the MotoGP Spanish Grand Prix at the Jerez racetrack in Jerez de la Frontera on April 29, 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Dalam semua situasi tersebut, di situlah Quartararo disebut secara serius mempertimbangkan kemungkinan berganti tim.

Waktu itu rumors yang berkembang Honda tertarik dengan Quartararo. Namun ternyata dibalik itu ada nama Suzuki yang mencuat namun tidak tercium oleh media.

Seperti diketahui Quartararo kemudian memperpanjang kontrak dengan Yamaha. Dia kemudian gagal mempertahankan gelar pada 2022 dan gelar Juara Dunia MotoGP 2022 diraih oleh Francesco Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com