Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director Yamaha Racing Lin Jarvis telah mengonfirmasi bahwa Yamaha sedang mencari tim satelit MotoGP baru untuk menggantikan tim RNF Racing yang pindah ke Aprilia.

Musim depan Yamaha akan jadi satu-satunya tim pabrikan yang tampil tanpa tim satelit. Yamaha hanya mengandalkan duet pebalap tim Monster Energy Yamaha yaitu Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Baca juga: Citroen Indonesia Luncurkan 3 Mobil Sekaligus

Managing Director Yamaha, Lin Jarvis.AFP/MIRCO LAZZARI GP Managing Director Yamaha, Lin Jarvis.

"Ya, benar. Kami memiliki niat untuk kembali [dengan tim satelit sesegera mungkin,” kata Jarvis mengutip Crash.net, Kamis (12/8/2022).

Jarvis mengatakan Yamaha segera akan mencari pengganti tim satelit. Pabrikan asal Jepang itu harus punya tim pendamping sebab tanpa tim pendukung pertarungan di lintasan bakal lebih berat.

Sama seperti musim 2022, Ducati akan punya delapan motor musim depan. Hal itu sangat berpengaruh di lintasan, sebab Ducati bakal unggul dari riset dan pengembangan.

Baca juga: Daftar Motor Honda yang Meluncur Sepanjang 2022

Fabio Quartararo menangis usai gagal raih juara dunia MotoGP 2022motogp.com Fabio Quartararo menangis usai gagal raih juara dunia MotoGP 2022

“Tahun depan pasti tidak akan menguntungkan hanya memiliki dua motor. Yang pasti mereka (Ducati) mengumpulkan banyak data," kata Jarvis.

"Mereka tidak hanya memiliki delapan motor, tetapi mereka memiliki lima atau enam pebalap yang sangat cepat. Mereka semua cepat, tapi mereka punya lima atau enam pemain yang benar-benar luar biasa," kata dia.

“Semua ketersediaan data itu, mereka dapat mencoba setiap ban (selama latihan), mereka dapat mempertimbangkan segalanya dan kemudian mengevaluasinya. Yang pasti itu keuntungan," kata Jarvis.

Ilustrasi Francesco BagnaiaTwitter @peccobagnaia Ilustrasi Francesco Bagnaia

Meski demikian kata Jarvis jumlah delapan motor juga berisiko sebab bebannya terlalu besar. Jarvis menilai jumlah paling tepat ialah empat motor, dua motor tim pabrikan dan dua motor tim satelit.

“Kami tidak ingin punya delapan motor karena itu juga beban. Ini keuntungan, tapi juga beban untuk tetap mendukung delapan sepeda. Jadi evaluasi kami adalah bahwa empat benar-benar angka yang optimal dan sayang sekali tahun depan kami tidak memiliki empat," kata dia.

“Tapi semoga secepatnya di masa mendatang, kami akan kembali dengan tim satelit,” ungkap Jarvis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.