Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP musim 2022 merupakan kembalinya Maverick Vinales di peta persaingan pebalap. Usai pisah dengan Yamaha, Vinales mulai menikmati lagi mengendarai motor balap di Aprilia.

Catatannya musim lalu di luar ekspektasi. Vinales berhasil nail podium tiga kali di GP Belanda, GP Inggris dan GP Misano, Italia. Dia berhasil mengoleksi 122 poin dan bertengger di posisi ke-11 di klasemen akhir.

Baca juga: Penjualan Mobil di Indonesia Oktober 2022 Terbesar di ASEAN

Kini semangat juang pebalap berjuluk Top Gun itu makin meningkat jelang musim depan. Kepala kru Manu Cazeaux saat dia masih di Suzuki kini bergabung ke Aprilia setelah Suzuki mengumumkan mengundurkan diri musim depan.

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini asal Spanyol, Maverick Vinales (kanan) berlatih bersama timnya saat sesi latihan bebas balapan MotoGP GP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap Aprilia Racing Team Gresini asal Spanyol, Maverick Vinales (kanan) berlatih bersama timnya saat sesi latihan bebas balapan MotoGP GP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

“Bagi saya, Manu adalah salah satu pelatih terbaik di Kejuaraan Dunia," ujar pebalap asal Spanyol itu usai tes MotoGP di Valencia dikutip dari Corsedimoto, Rabu (30/12/2022).

“Dia memiliki kepercayaan buta pada tim dan itu selalu penting. Dia akan membawa motornya ke level yang lebih tinggi dan saya sangat senang memilikinya di sisi saya," kata Vinales.

Tahun depan performa motor Aprilia juga diprediksi makin tajam. Raihan positif di Valencia belum lama ini didukung dengan aplikasi rangka baru.

Baca juga: Polisi Kembangkan Teknologi ETLE Bisa Jaring Pengendara yang Tidak Punya SIM

Aleix Espargaro dan Maverick Vinales start dari barisan pertama dan kedua pada MotoGP Argentina 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro dan Maverick Vinales start dari barisan pertama dan kedua pada MotoGP Argentina 2022

Para insinyur Aprilia juga terus berusaha meningkatkan performa motor dengan melakukan tes di terowongan angin di pabrik di Italia. Tujuannya agar RS-GP23 bisa punya taji saat tes resmi di Sepang, Malaysia Februari 2023.

“Sekarang tujuannya adalah agar Manu bisa beradaptasi dengan baik dengan tim, dengan metode kerja yang kami miliki di sini. Sehari pengujian tidak banyak," kata Vinales.

"Tetapi kami dapat memperoleh informasi yang cukup untuk dianalisis mulai saat ini," ujar Vinales.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.