Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Nissan Kicks Kerap Disebut Mobil Listrik padahal Hybrid

Kompas.com - 30/11/2022, 14:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Mobil listrik diharapkan menjadi kendaraan yang banyak digunakan masyarakat karena dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak lagi menghasilkan gas buang.

Maka dari itu, pemerintah sangat mendukung adanya mobil listrik dengan berbagai peraturan yang menguntungkan produsen ataupun pengendara secara langsung.

Namun, faktanya tidak mudah membuat banyak orang beralih dari menggunakan mobil bakar ke mobil listrik. Terlebih lagi, harga satu buah mobil listrik tentu jauh lebih mahal daripada mobil bakar.

Akhirnya, muncul berbagai jenis mobil hybrid di mana mobil-mobil ini dibekali dengan dua buah sumber tenaga yaitu mesin bakar dan motor listrik. Harapannya, mobil-mobil ini bisa menjadi pilihan alternatif yang mudah diterima, salah satunya yaitu Nissan Kicks.

Baca juga: Nissan Pamer Leaf dan Kicks e-Power di IEMS 2022

Nissan Kicks e-Power 2022Dok. Nissan Nissan Kicks e-Power 2022

Namun, Nissan Kicks kerap disebut sebagai mobil listrik karena memang sesuai desain strategi pemasaran PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Bahkan, tidak sedikit kanal Youtube menyebut crossover ini sebagai mobil listrik, padahal hybrid.  

Paling lugas penjelasannya, ada Nissan Kicks masih mengonsumsi BBM dan punya mesin konvensional. Lantas, kenapa masih saja banyak yang salah kaprah dan tetap disebut sebagai mobil listrik?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, Nissan Kicks memang masih membutuhkan BBM, tapi ada alasan yang cukup kuat kenapa mobil ini bisa disebut dengan mobil listrik.

“Meski masih membutuhkan BBM, Nissan Kicks sebenarnya digerakkan oleh satu sumber tenaga, yaitu hanya dari motor listrik. Ini yang membedakan Nissan Kicks dengan mobil hybrid lainnya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Nissan Kicks Facelift Meluncur di Jepang, Lebih Bertenaga

Nissan meluncurkan Kicks facelift di Jepang dibekali teknologi E-Power generasi kedua yang lebih bertenaga tapi tetap irit. Nissan Nissan meluncurkan Kicks facelift di Jepang dibekali teknologi E-Power generasi kedua yang lebih bertenaga tapi tetap irit.

Dia mengatakan, sedangkan mesin bakar tiga silinder yang disematkan di Nissan Kicks bukanlah untuk menggerakkan mobil, melainkan hanya sebagai pengisi daya baterai ketika levelnya mulai berkurang.

“Mesin bakar di Nissan Kicks tidak terhubung dengan transmisi, jadi mesin ini hanya bertugas untuk mengisi daya baterai,” ucap Ibrohim.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.