Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Alternatif Nataru, Jalur Pansela Sudah Terhubung tapi Belum Sempurna

Kompas.com - 29/11/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai alternatif bagi kendaraan yang ingin menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur dari Jabodetabek, terdapat akses dan jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) yang sudah bisa digunakan sejak beberapa tahun lalu.

Secara umum, jalur Pansela saat ini sudah cukup baik. Kondisi jalan juga bagus dan terbilang mulus sehingga bisa dilalui kendaraan.

Meski begitu, jalur Pansela dinilai masih kurang aman bagi kendaraan, terutama kendaraan besar seperti bus dan truk lantaran lebar jalur yang terbatas.

Baca juga: Suzuki Address 125 Meluncur, Sekali Full Tank Bisa Tempuh 270 Km

Jalur Pansela jadi jalur alternatif mudik Lebaran 2022Dok. Kementerian PUPR Jalur Pansela jadi jalur alternatif mudik Lebaran 2022

“Kami belum berani meng-ekspos jalur selatan-selatan (pansela),” ujar Cucu Mulyana, Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, dilansir dari tayangan Rapat Kerja Bidang Perhubungan Darat Tahun 2022 (29/11/2022).

Menurutnya, dalam pengecekan terakhir pada tahun lalu, di jalur Pansela masih terdapat setidaknya dua jembatan dengan satu jalur dan satu lajur.

“Sehingga kita kalau mau lewat terpaksa harus menunggu giliran. Kalau tidak salah, daerah Kabupaten Cianjur atau Kabupaten Garut,” kata Cucu.

Baca juga: Nissan Serena Facelift Meluncur, Fiturnya Semakin Canggih

“Itu masih satu jalur satu lajur. Itu yang jadi perhatian kita untuk menyosialisasikan jalur selatan-selatan,” ujar dia.

Sebagai informasi, ruas jalan Pansela terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km.

Lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Baca juga: Alasan Kenapa Cairan Wiper Tak Boleh Menggandung Detergen

Foto udara kendaraan pemudik melintas di jalur Pansela, Kebumen, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara kendaraan pemudik melintas di jalur Pansela, Kebumen, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018).

Kemudian Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km.

Selanjutnya di Provinsi DI Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km.

Terakhir ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul – Sendangbiru – Jarit – Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.