Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UD Truck Indonesia Sabet Gelar Juara Dunia di Gemba Challenge 2022

Kompas.com - 29/11/2022, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan truk komersial UD Truck Indonesia, berhasil memenangkan kompetisi dua tahunan mengenai purna jual untuk mekanik dalam gelaran Gemba Challenge 2022 di Jepang.

Indonesia bahkan menempati posisi pertama dan kedua di ajang untuk menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) tingkat dunia ini. Sehingga terbukti bila SDM Tanah Air mampu bersaing di kancah internasional.

Gemba Challenge sendiri, merupakan kompetisi akbar yang tidak hanya menguji atas kemampuan mekanik secara individu. Tapi juga staf bagian suku cadang, pelayanan pelanggan, serta prihal yang berkaitan dengan pemecahan masalah bersama.

Baca juga: Inden Mobil Listrik Toyota bZ4X Tembus 6 Bulan

UD Truck Gemba Challenge 2022dok.UDTruck UD Truck Gemba Challenge 2022

Sebab peningkatan keterampilan mekanik dan memperkuat kolaborasi staf frontline menjadi kunci untuk meningkatkan waktu kerja, yang mengarah pada peningkatan pelayanan pelanggan yang kemudian akan menciptakan sistem logistik yang lebih cerdas.

“Gemba Challenge tahun ini merupakan kegiatan pertama setelah pandemi Covid-19, sehingga tidak terbayangkan antusias para peserta dalam menyambut kehadiran kompetisi purnajual yang terbesar di seluruh dunia," kata Aftersales Service Manager UD Trucks Indonesia Ali Rachman dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Ajang tersebut ialah kompetisi keempat sejak tahun 2014, dan ada lebih dari 2.000 peserta perwakilan UD Trucks dari berbagai negara yang mengikuti UD Gemba Challenge tahun ini.

UD Truck Indonesia juarai Gemba Challenge 2022dok.UDTruck UD Truck Indonesia juarai Gemba Challenge 2022

Setelah 4 tahun vakum, tahun ini 6 hub (regional) kembali berkompetisi untuk menjadi tim purnajual yang terbaik di dunia. Kualifikasi Gemba Challenge 2022 ini dimulai pada Februari 2022 dengan dua putaran pertama yang dilakukan secara online (teori) dan putaran final yang digelar secara langsung di UD Experience Center, Ageo, Jepang selama 9-10 November 2022.

Di putaran final tersaring enam tim, yaitu dua tim dari Indonesia, satu tim dari Afrika Selatan, satu tim dari Arab Saudi, satu tim dari Thailand, satu tim dari Filipina yang berkompetisi menunjukkan keterampilan dan pengetahuan dalam penyelesaian masalah terkait kendaraan heavy duty Quester.

Pada kompetisi final Gemba Challenge 2022 kali ini Indonesia menurunkan dua tim, yaitu ID team dari United Tractors yang berhasil menjadi juara pertama dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations yang berhasil menjadi juara kedua setelah menyisihkan finalis lainnya.

Baca juga: Jangan Sampai STNK Diblokir, Ini Cara Bayar Denda Tilang ETLE

UD Truck Indonesia juarai Gemba Challenge 2022dok.UDTruck UD Truck Indonesia juarai Gemba Challenge 2022

“Saya merasa sangat bangga bahwa semua tim mekanik UD Trucks utusan dari Indonesia dapat meraih kemenangan sebagai juara dalam kompetisi Gemba Challenge yang diselenggarakan secara global," kata Vice President Director UD AMI, Rachmat Samulo.

"Kontes ini merupakan bukti nyata bahwa seluruh sumber tenaga manusia di Indonesia dapat bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar global dan dapat memenuhi tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk UD Trucks di Indonesia," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.