Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Panjang Honda BR-V dari Medan ke Aceh, Lebih dari 600 Km

Kompas.com - 29/11/2022, 17:22 WIB

ACEH, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 akhirnya menuju kota terakhir yakni Banda Aceh. Tim memulai perjalanan dari Medan menuju Banda Aceh, melewati Tol Medan-Binjai, Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, dan Tol Sigli-Banda Aceh.

Kalau melihat dari aplikasi navigasi yang ada di smartphone, jarak Medan-Banda Aceh adalah 606 Km. Kemudian kalau ditempuh non stop, bisa 13 jam perjalanan.

Kami memulai perjalanan dari Swiss-Belinn Hotel di Medan pada pagi hari. Melewati ramainya Kota Medan, Honda BR-V sangat terbantu dengan hadirnya fitur Honda LaneWatch.

Jadi sisi kiri kendaraan bisa terlihat jelas saat mau belok, terhindar dari serempetan dengan motor maupun Bentor.

Baca juga: Hitung Ongkos BBM Honda BR-V dalam Perjalanan Jakarta-Rantauprapat

Honda BR-V Kompas.com/Adityo Honda BR-V

Tidak lama berselang, tim langsung masuk ke Tol Medan-Binjai dan keluar di Gerbang Tol Stabat. Secara kontur, tol Stabat bisa dibilang cukup mulus, minim pekerjaan jalan dan tidak bergelombang.

Setelah keluar dari GT Stabat, tim langsung masuk ke Jalintim menuju Banda Aceh. Kondisi jalannya sempat rusak di awal menuju daerah Kualasimpang, Aceh untuk istirahat 

Kemudian lanjut perjalanan melalui Jalan Medan-Banda Aceh yang cukup lebar. Kondisinya mulus, sehingga mobil bisa berjalan stabil di kecepatan 70-80 kpj. 

Baca juga: Video Viral Aksi Ugal-ugalan Bus Sumber Selamat Terekam Kamera

Kemudian dari daerah Bireuen menuju Banda Aceh, tim lewati jalanan yang berkelok-kelok. Walau begitu, aspalnya terbilang mulus, sehingga semakin menyenangkan ketika mengemudi dengan Honda BR-V.

Lanjut dari jalan non-tol, tim pun masuk ke Tol Sigli-Banda Aceh, tepatnya lewat Gerbang Tol Selimeum, tepatnya pukul 01.30 WIB dini hari. Satu jam menempuh jalan yang mulus dan sepi, kami keluar lagi dan langsung kembali masuk Jalan Medan-Banda Aceh.

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Berdasarkan data yang didapatkan dari MID, jarak perjalanan mencapai 628 Km. Hasilnya, Honda BR-V yang kami gunakan mencatatkan konsumsi bahan bakar 17,1 kilometer per liter.

Secara total dari Jakarta ke Banda Aceh, total jarak yang ditempuh adalah 2.896 Km. Kemudian untuk konsumsi BBM total, ada di angka 14,9 kilometer per liter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.