Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2023 Akan Kembali Mendukung Industri Wisata Bahari

Kompas.com - 26/11/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 akan kembali mendukung industri wisata bahari. Pameran otomotif ini juga akan menampilkan Indonesia Boating Gathering (IBG).

Dengan mengangkat tagline BOOST “Bringing Opportunity for Otomotive Society Together”, penyelenggaraan IIMS 2023 diharapkan dapat menyokong berbagai industri di Indonesia dengan menggandeng para pelaku sektor otomotif beserta turunannya, pelaku UMKM, hingga para pegiat industri wisata bahari.

Untuk mendukung gelaran IIMS, telah dilangsungkan Launching IIMS Indonesian Boating Gathering (IBG) di Palmerah, Jakarta Pusat (23/11).

Baca juga: SUV Kompak Mitsubishi XFC Concept Akan Dipamerkan di IIMS 2023?

Indonesia Boating Gathering (IBG) merupakan salah satu program menarik di perhelatan IIMS yang merupakan kolaborasi dari sebuah yayasan non-profit Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) bersama Dyandra Promosindo untuk menggairahkan kembali industri wisata bahari.

Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)Dok. IIMS Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)

”Dari sisi pelaku industri MICE, kami bersyukur dengan kehadiran IBG dalam pameran IIMS. Ini merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mempromosikan industri pariwisata, khususnya wisata bahari kepada seluruh pengunjung IIMS," ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung, dalam keterangan resminya.

Daswar menambahkan, pihaknya berharap di IIMS 2023 akan terbentuk komunitas-komunitas yang bergerak di industri maritim maupun wisata bahari. Melalui program ini, diharapkan para pemangku kepentingan menaruh atensi lebih terhadap para pelaku industri maritim maupun wisata bahari.

Andi Komara, Board of Supervisor Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI), mengatakan, dengan adanya pameran IIMS diharapkan dapat mendongkrak penjualan, melihat dari harga boating yang sebenarnya masih affordable bagi kalangan masyarakat.

Baca juga: Bakal Banyak Kendaraan Listrik yang Tampil di IIMS 2023

"Berdasarkan data, 5 persen sampai 10 persen masyarakat Indonesia mampu membeli alat transportasi di bawah 1 milyar. Sehingga dapat dikatakan bahwa market besar, namun kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap produk-produknya, sehingga diperlukan sosialisasi lebih lanjut," kata Andi.

Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)Dok. IIMS Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)

Selain bergerak dalam bidang pemberdayaan penguatan potensi maritim, CMSI bertujuan untuk membuat kesempatan terciptanya sinergitas dari stakeholders industri maritim Indonesia untuk kebangkitan maritim Indonesia.

Kehadiran IBG di IIMS 2023 merupakan kali ketiga sejak kehadirannya perhelatan IIMS 2019 dan IIMS 2022 yang berhasil mendapatkan respon positif para pengunjung. Pada IIMS 2023, IBG hadir dengan nuansa baru yang patut dinanti masyarakat.

 Indonesia Boating Gathering Indonesia Boating Gathering

“IBG akan menempati area eksklusif di Hall B2 JIExpo Kemayoran yang kami sebut ‘Boating and Tourism Lifestyle Area’. Area ini akan memamerkan line-up kapal rekreasi dan industri penunjangnya," ujar Rudi MF, Project Manager IIMS 2023.

"Satu kejutan yang kami persiapkan di tahun depan, pengunjung mendapatkan experience baru menyaksikan deretan kapal rekreasi yang dipamerkan, serta kompetisi dan atraksi Remote Control (RC) Boat di dalam kolam yang kami persiapkan," katanya.

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 rencananya akan diselenggarakan pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.