Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Rematching Disc Brake untuk Hindari Rem Terkunci

Kompas.com - 26/11/2022, 11:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Rem mobil jadi alat utama keselamatan. Komponen tersebut harus diperhatikan agar tak membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya.

Penyakit rem mobil yang dibiarkan bisa berdampak serius. Masalahnya cukup banyak, namun  yang umum karena piringan disc brake terkikis di beberapa sisi. 

Permukaan disc brake yang habis tidak rata bukanlah sesuatu yang asing. Gesekan kampas rem yang terjadi sangat cepat menyebabkan struktur rem berubah. 

Untuk perbaikan, caranya adalah melakukan rematching disc brake atau meratakan kembali permukaan piringan cakram. Fungsinya sudah tentu untuk kembali menyeimbangkan sistem pengereman agar seimbang.

Baca juga: Cipali Jadi Jalan Tol dengan Tingkat Fatalitas Tertinggi 

 Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, kasus kerusakan rem bergelombang bisa terjadi untuk mobil-mobil yang berusia 5 tahun ke atas. 

Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar Dicky Aditya Wijaya Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar

"Masalahnya bisa serius, rem tak hanya bergetar saat kecepatan tinggi. Jika sudah parah, setir mobil jadi tertarik lari melaju ke salah satu sisi," kata Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022). 

Kondisi setir yang lari ke salah satu sisi tersebut menandakan bobot tumpuan beban mobil berpindah karena tidak seimbang. 

Sistem rem jadi tidak stabil, kurang menggigit, dan jarak aman pengereman mobil juga menjadi berubah semakin jauh. 

"Berbahaya, jarak rem dari posisi melaju jadi berkurang. Pedal rem bergetar hebat dan kuat, bahkan mobil bisa mengalami oversteer," ucapnya. 

Baca juga: Tertangkap Kamera, Innova EV Kembali Tes Jalan di Indonesia

Harus cepat-cepat diatasi karena bisa memicu komponen rem lainnya rusak. Perbaikan rem tersebut dilakukan proses rematching disc brake. 

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

Permukaan disc brake yang terkikis tidak rata akan dihaluskan kembali. Bambang menjelaskan, karat-karat dan kotoran yang menempel bertahun-tahun menganggu akurasi komponen rem. 

"Selain permukaan di bubut agar kembali presisi, karat yang tercipta alamiah di permukaan disc brake bisa bersih. Ketebalan disc brake yang aman untuk proses rematching adalah 5 mm," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.