Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 10:22 WIB

RANTAUPRAPAT, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan dari Pekanbaru ke Rantauprapat kini bisa melalui tol sehingga mempersingkat waktu perjalanan. Tol yang bisa digunakan adalah Pekanbaru-Dumai (Permai) yang dioperasikan oleh Hutama Karya.

Memang tol ini belum rampung total, tapi dapat mempersingkat waktu perjalanan menuju Rantauprapat. Kami menggunakan jalan tol tersebut sampai exit Bathin Solapan atau sejauh lebih kurang 103 Km.

Kalau melihat pada aplikasi navigasi, perjalanan non tol atau melalui Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, perjalanan bisa ditempuh dalam 10 jam. Sedangkan kalau lewat Tol Permai, perjalanan lebih cepat tiga jam atau sekitar 7 jam.

Baca juga: Petualangan Honda BR-V Lewati Lintas Timur Sumatera Menuju Pekanbaru

Lintas timur sumatera KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Lintas timur sumatera

Secara kontur jalan, Jalan Tol Permai cukup mulus dan lurus, bahkan bisa dibilang minim permukaan yang bergelombang. Jadi pengemudi bisa lebih rileks selama perjalanan, berbeda jika melewati Jalintim yang berkelok dan belum menentu kondisinya, bisa ada perbaikan jalan atau macet.

Tapi untuk Jalan Tol Permai, saat ini masih menggunakan rest area yang temporary atau sementara. Walau tidak ada gedung atau masih menggunakan kontainer, fasilitasnya sudah lengkap seperti SPBU mini, mini market, warung makan, sampai toilet.

Perjalanan yang ditempuh lewat tol bisa menghemat waktu perjalanan sampai tiga jam. Lalu tarif yang harus dibayarkan jika masuk dari Pekanbaru dan keluar di Bathin Solapan, biayanya Rp 95.500.

Baca juga: Modifikasi Engine Swap Civic Estilo, Sedot Ratusan Juta Rupiah

Tapi keuntungan lain dari memakai tol adalah konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Ketika kami keluar dari tol, konsumsi BBM yang tercatat di MID Honda BR-V ada di angka 17 kilometer per liter.

Tapi untuk melanjutkan perjalanan dari exit Bathin Solapan sampai ke Rantauprapat, masih memakan waktu sekitar lima jam lagi. Jadi kembali lewati Jalintim Sumatera yang punya kondisi cukup mulus dan sedikit macet, tergantung waktu perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.