Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Kompak Mitsubishi XFC Concept Akan Dipamerkan di IIMS 2023?

Kompas.com - 20/10/2022, 07:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil konsep terbaru dari Mitsubishi di kelas SUV kompak rencananya juga akan dipamerkan di Indonesia. Model ini yang jadi cikal bakal pesaing baru Honda HR-V, Hyundai Creta, dan rival sekelas lainnya.

Dijuluki Mitsubishi XFC Concept, desainnya kental dengan aura SUV. Mobil ini untuk pertama kalinya akan dipamerkan pada Vietnam Motor Show 2022 pada 26-30 Oktober 2022.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan bahwa Indonesia akan kebagian giliran pada awal tahun depan. Mobil ini juga bakal dipamerkan di pameran otomotif ternama.

Baca juga: SUV Kompak Mitsubishi Pesaing HR-V dan Creta Meluncur 2023

“Terkait dengan World Premiere Mobil Konsep Compact SUV Mitsubishi Motors yang diperkenalkan di Vietnam, kami ingin berbagi informasi menyenangkan bahwa Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan menampilkan mobil konsep ini di awal tahun 2023," ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, dalam keterangan resminya.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

Nakamura menambahkan, sebagai negara dengan permintaan akan kendaraan SUV kompak yang semakin berkembang, pihaknya yakin mobil konsep ini akan memiliki daya tarik yang baik dan tentunya akan menjadi model produksi massal yang kompetitif di masa depan.

"Akan dipamerkan di awal 2023 di Indonesia, di salah satu pameran otomotif besar," ujar Deputy Group Head Planning & Communication PT MMKSI Intan Vidiasari, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Pameran otomotif besar yang berskala internasional dan digelar pada awal tahun adalah Indonesia International Motor Show (IIMS). Pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo ini akan diadakan pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Skema Cicilan Mitsubishi Xpander, mulai Rp 4 Jutaan Per Bulan

Rumors mengatakan bahwa Mitsubishi XFC Concept dibangun dengan basis MPV crossover Xpander. Mobil tersebut dinilai memiliki basis yang mumpuni untuk dijadikan SUV. Namun, pihak MMKSI masih berkilah. Begitu pula soal basis produksinya nanti.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

"Ini concept car dengan konsep Compact SUV. Mass production-nya kapan dan di mana, masih tunggu tanggal mainnya," kata Intan.

Saat ini, pemain di segmen SUV kompak cukup ramai. Pilihannya sangat beragam, seperti Daihatsu Rocky dan Terios, Toyota Raize dan Rush, Hyundai Creta, Honda HR-V dan BR-V, Kia Sonet, dan DFSK Glory 560.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com