Persimpangan Jalan Rawan Kecelakaan, Ini Pentingnya Etika Berkendara

Kompas.com - 18/11/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Persimpangan jalan masih menjadi salah satu lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Pengendara mobil maupun motor seharusnya lebih berhati-hati ketika melewati persimpangan.

Seperti kejadian yang terekam kamera CCTV lewat unggahan Instagram @dashcamindonesia, Jumat (18/11/2022).

Terhitung ada tujuh video yang menampilkan kelalaian pengendara di lokasi persimpangan yang sama. Kabarnya, lokasi persimpangan berada di Sumbawa Besar, tepatnya di perempatan Quick Chicken Zu.

Baca juga: Apakah Benar Mobil Manual Lebih Irit dari Matik?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Dari beberapa video tersebut, terlihat bahwa pengendara mobil ataupun motor tampak abai dengan kondisi jalan.

Mereka yang menyeberang jalan tidak hati-hati, begitu juga dengan pengendara lain yang turut menjadi korban kecelakaan.

Mirisnya lagi, para pengendara tidak menggunakan peralatan berkendara yang lengkap, seperti helm, jaket, hingga sarung tangan, bahkan ada yang bonceng bertiga.

Baca juga: Alex Rins Batal Bawa Pulang Motor Balap Suzuki GSX-RR

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, sudah sepatutnya pengemudi menggunakan etika ketika berkendara di jalan.

Menurutnya, lokasi kejadian tampaknya memang minim rambu, seperti lampu lalu lintas. Namun bukan berarti pengendara bisa berkendara semaunya.

“Masyarakat banyak yang enggak paham kalau risiko kecelakaan di persimpangan itu tinggi,” ujar Sony, kepada Kompas.com (18/11/2022).

“(Penyebab kecelakaan) selain titik ketemu kendaraan dari arah yang berbeda, banyak yang tidak berambu dan etikanya pada enggak jalan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.