Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2022, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemimpin dunia datang ke Indonesia untuk menghadiri KTT G20 di Bali. Meski sudah disediakan kendaraan listrik untuk mobilisasi, banyak pemimpin negara yang tidak menggunakannya.

Indonesia sudah menyediakan 44 unit mobil listrik Genesis G80. Namun, banyak pemimpin negara yang menjadi delegasi KTT G20 menggunakan kendaraan lain yang dipercayai lebih aman.

Baca juga: Perdana Menteri Kanada Pilih Naik Toyota Land Cruiser ke KTT G20 Bali

Presiden Amerika Serikat Joe Biden terlihat membawa pasukan pengamanan sendiri yang dijuluki 'The Secure Package'. Cadillac One yang dijuluki 'The Beast' tentunya ada di dalam iring-iringan tersebut.

Wujud mobil kepresidenan Amerika Serikat Joe Biden, limosin lapis baja yang disebut super The Beast saat keluar dari Terminal Kedatangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Minggu (13/11/2022). Kompas.com/ Yohanes Valdi Seriang GintaYohanes Valdi Seriang Ginta Wujud mobil kepresidenan Amerika Serikat Joe Biden, limosin lapis baja yang disebut super The Beast saat keluar dari Terminal Kedatangan VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Minggu (13/11/2022). Kompas.com/ Yohanes Valdi Seriang Ginta

Tak sedikit negara yang memercayakan delegasinya pada Mercedes-Benz S-Class, yakni Mercedes-Benz S600 Guard. Beberapa di antaranya Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengandalkan Mercedes-Benz S-Class. Tapi, yang digunakan adalah versi yang lebih mewah, yakni Mercedes-Maybach S600 Guard.

Baca juga: Berikut Angkutan Barang yang Boleh Melintas Selama KTT G20 Berlangsung

Terlihat juga ada yang mengandalkan Mercedes-Benz G-Class. Presiden Perancis terlihat menggunakan Mercedes-Benz AMG G500 Guard, sedangkan Perdana Menteri India Narendra Modi menggunakan Mercedes-Benz G63.

Toyota Land Cruiser 200 GX-R yang digunakan Perdana Menteri Kanada pada KTT G20 di BaliDok. YouTube Sekretariat Presiden Toyota Land Cruiser 200 GX-R yang digunakan Perdana Menteri Kanada pada KTT G20 di Bali

Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan terlihat menggunakan Audi A8 L. Lalu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menggunakan Toyota Land Cruiser 200 GX-R. Sementara Presiden China Xi Jingpin menggunakan Hongqi N701.

Mobil-mobil tersebut pada umumnya sudah diperkuat menjadi anti-peluru. Bahkan, beberapa di antaranya juga dibuat tahan terhadap serangan granat tangan.

Genesis G80 yang digunakan oleh Presiden Afrika Selatan pada KTT G20 di BaliDok. YouTube Sekretariat Presiden Genesis G80 yang digunakan oleh Presiden Afrika Selatan pada KTT G20 di Bali

Namun, ada juga beberapa delegasi yang tetap memercayakan dirinya pada mobil listrik Genesis G80, seperti Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard Casaubon, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Menteri Luar Negeri Brasil, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.