Kompas.com - 15/11/2022, 11:42 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Ketika aki pada mobil mengalami tekor, biasanya aki dicas terlebih sebelum melakukan penggantian. Cara tersebut kerap dilakukan dengan harapan aki masih bisa digunakan kembali.

Pengecasan aki bisa dilakukan di rumah bila memang memiliki alatnya. Bisa juga menghubungi tukang aki untuk mendapatkan bantuan.

Nah, maka dari itu perlu diketahui apa yang menjadi patokan bahwa aki tersebut sudah terisi penuh. Apa itu?

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Aki Mobil?

Aki MobilKompas.com Aki Mobil

Pemilik Toko One Aki Ceper Wawan, mengatakan aki yang sudah terisi penuh bisa dicek menggunakan alat khusus.

“Untuk mengetahui apakah aki sudah penuh atau belum, bisa diketahui dengan alat khusus, yang bisa menyesuaikan tipe aki berdasarkan kapasitasnya,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022).

Dia mengatakan pada alat tersebut bisa dipilih tipe akinya lalu alat akan menyesuaikan berapa kapasitas aki tersebut, dengan demikian akan diketahui apakah aki sudah terisi penuh atau belum.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Aki Mobil Soak?

Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.Dicky Aditya Wijaya Perawatan aki mobil dengan cek daya isi baterai. Aki sehat, minimal memiliki tegangan 12 Volt.

“Ada beberapa patokan untuk menentukan aki sudah terisi penuh atau belum, pertama perlu memilih tipe akinya untuk menentukan kapasitas aki yang sedang dicas, bisa menggunakan JIS atau DIN sebagai patokan,” ucap Wawan.

Dia mengatakan alat pengukur aki akan dengan mudah mendeteksi berapa ampere kapasitas aki yang sedang diukur tersebut.

“Dengan kata lain, alat pengukur aki ini mampu mengukur kapasitas aki Ah, di alat tersebut biasanya juga dimudahkan dengan presentasi pengisian daya aki, jadi lebih mudah terbaca,” ucap Wawan.

Baca juga: Apa Beda Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel?

Dia juga mengatakan selain ampere dan presentasi pengisian, patokan lainnya yang menandakan aki sudah penuh atau belum adalah Cold Cranking Ampere (CCA).

“Ada CCA, angka tersebut merupakan angka yang sudah ada skalanya menyesuaikan besar kecilnya kapasitas aki, semakin aki kekurangan daya listrik, maka angka CCA ini akan kecil, dan bila angka cca ini semakin naik mendekati standarnya maka aki semakin terisi penuh,” ucap Wawan.

Dia mengatakan di beberapa aki dilengkapi dengan mata kucing, secara pasti bila aki penuh maka hasil pengukuran di indikator tersebut akan menunjukkan bagus.

Baca juga: Berapa Lama Pengisian Daya Aki Mobil?

Jadi, ada beberapa patokan aki mobil yang sudah terisi penuh; sebagian besar bisa dibaca di alat pengukuran aki dan di aki yang dilengkapi dengan mata kucing sebagai indikator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.