Kompas.com - 15/11/2022, 11:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Mobil matik dengan model transmisi lurus atau straight, akan dilengkapi dengan sebuah tombol yang biasanya berada di bagian atas tuas persneling.

Keberadaan tombol tersebut bukan sekadar hiasan, namun memiliki fungsi yang penting dan harus dipahami penggunannya.

Menurut Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, tombol pada tuas transmisi model lurus yang biasa disebut tombol releaseberguna sebagai pengaman untuk mencegah perpindahan transmisi di luar kesengajaan. 

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Meluncur 21 November 2022

"Tombol ini jadi pengunci menghindari posisi transmisi pindah posisi yang bisa membahayakan. Biasanya di fungsikan saat posisi gigi P (parking) ke R (reverse) atau sebaliknya," kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (15/11/2022). 

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Fungsi Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Mobil Matik() Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Fungsi Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Mobil Matik

Tombol tersebut hanya bisa ditemui pada model transmisi straight, sementara itu untuk model transmisi zig zag tak ada karena mekanisme kerja lebih aman dengan alur perpindahan yang tak rata. 

Mekanisme atau cara kerja dari tombol pengunci itu juga tak boleh sembarangan. Selain harus menekan tombol, kaki pengendara juga tetap wajib menekan pedal rem agar transmisi benar-benar bisa dipindahkan.

"Sama-sama harus injak rem dahulu sebelum memindahkan posisi gigi karena faktor keamanan. Namun, model straight double safety, harus pencet tombolnya sambil kaki injak rem baru bisa digeser," ucapnya. 

Baca juga: Sama-sama Matik, Apa Bedanya Transmisi CVT dan AT?

Tombol pengunci transmisi matik di rancang untuk memberikan fitur keamanan saat kendaraan hendak berjalan mundur.

Bambang mengatakan, penggunan secara umum hanya dilakukan saat perpindahan gigi P ke R atau sebaliknya. Beda halnya jika posisi gigi N (netral), ketika hendak berpindah ke D cukup menggeser tuas transmisi saja. 

tombol pengunci yang ada tuas transmisi matikKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda tombol pengunci yang ada tuas transmisi matik

Baca juga: Punya Tenaga Besar, tapi Honda WR-V Minus Beberapa Fitur Ini

"Saat posisi kendaraan jalan, untuk memindahkan posisi gigi lebih rendah tombol tersebut harus ditekan. Contoh dari D mau geser ke gigi 2 atau yang lebih rendah lagi, karena bila tidak akan sangat berbahaya ketika tiba-tiba sedang kecepatan tinggi lalu tanpa sengaja tuas tergeser ke gigi yang lebih rendah," ujar Bambang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.