Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Menteri Kanada Pilih Naik Toyota Land Cruiser ke KTT G20 Bali

Kompas.com - 15/11/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sudah tiba di Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Senin (14/11/2022).

Justin datang dengan pesawat Pemerintah Kanada berkelir putih. Ketika turun dari pesawat, Justin langsung disambut oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Setelah berbincang cukup singkat dan menikmati tarian khas Bali yang menyambut, Justin diarahkan ke mobil Toyota Land Cruiser (LC) 200 berkelir hitam. Namun harus diketahui, mobil yang digunakan bukan sembarangan, tapi sudah anti peluru.

Baca juga: Restomod Toyota Kijang Buaya, Nenek Moyang Kijang Innova


Dasarnya, tipe yang dipilih untuk Land Cruiser ini adalah GXR namun sudah diperkuat. Secara detail, masih belum diketahui siapa pembuat atau karoseri yang memodifikasi LC 200 ini jadi anti peluru.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, karoseri yang modelnya paling mendekati adalah dari Alpine Armoring. Alpine menawarkan LC 200 GXR dalam beberapa tingkat keamanan, dari A4, A6, A9, dan A11.

Secara umum, spesifikasi dari LC 200 GXR buatan Alpine ini sudah menggunakan kaca yang tahan ledakan dan peluru. Selain itu, pada bagian bodi sudah diperkuat dengan besi yang juga tahan ledakan.

Baca juga: Punya Tenaga Besar, tapi Honda WR-V Minus Beberapa Fitur Ini


Bahkan pada bagian atap dan kolong, dilapisi juga dengan besi yang tahan ledakan, termasuk ranjau dan granat. Agar lebih aman lagi, ban sudah memakai model Run Flat (RFT) jadi tetap bisa jalan walau kondisi kempis.

Sebenarnya, Pemerintah Indonesia sudah menyediakan Genesis G80 Electrified sebagai kendaraan delegasi luar negeri. Tapi semuanya kembali lagi kepada keputusan kepala negara, seperti yang juga dilakukan Presiden Amerika Joe Biden dengan mambawa The Beast.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.