Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Yakin Tesla Akan Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 14/11/2022, 16:39 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yakin bos Tesla Inc, Elon Musk tertarik untuk membangun pabrik kendaraan bermotor listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia.

Pasalnya, Tanah Air memiliki berbagai aspek yang mendukung terciptanya atas ekosistem industri terkait. Saat ini, proses negosiasi mengenai hal tersebut masih berlangsung.

"Kami masih dalam proses berbicara dengan Elon Musk, dengan Tesla. Tetapi saya meyakini, Tesla akan membangun pabrik baterai dan industri mobil di Indonesia," kata Jokowi dalam wawancara dengan Pemimpin Redaksi The Economist, dikutip dari siaran YouTube, Minggu (13/11/2022).

Baca juga: Wira-wiri di KTT G20, Bus Listrik Merah Putih Resmi Diluncurkan

Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikattheverge.com Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

Jokowi juga menekankan pembangunan ekosistem baterai kendaraan listrik sebagai upaya mengejar nilai tambah sumber daya mineral di dalam negeri.

Selain punya daya tarik sumber daya alam yang besar, ia meyakini pasar yang terbuka hingga ke ASEAN juga menjadi magnet bagi investasi asing, tidak terkecuali Tesla.

"Karena Indonesia memiliki pasar yang besar, dan pasar ASEAN yang besar. Saya kira itu sebuah opportunity," kata Jokowi.

Keseriusan pemerintah RI mendorong ekosistem kendaraan listrik ditunjukkan dengan pagelaran hajatan KTT G20 di Bali yang mengoptimalkan penggunaan kendaraan listrik.

Hal itu juga sebagai upaya popularisasi kendaraan listrik yang saat ini masih terbatas jumlahnya di Indonesia.

Baca juga: Truk Listrik Tesla Semi Tertangkap Kamera, Akselerasi Mulus Hening

CEO SpaceX Elon Musk menyambut Jokowi di Gedung Stargate SpaceX. Keduanya melakukan pertemuan sebelum mengunjungi fasilitas SpaceX. B20 Summit 2022 Bali akan menghadirkan CEO Tesla Elon Musk hingga Chairman of Alibaba Group Daniel Zhang.BIRO SETPRES via VOA INDONESIA CEO SpaceX Elon Musk menyambut Jokowi di Gedung Stargate SpaceX. Keduanya melakukan pertemuan sebelum mengunjungi fasilitas SpaceX. B20 Summit 2022 Bali akan menghadirkan CEO Tesla Elon Musk hingga Chairman of Alibaba Group Daniel Zhang.

Data Kementerian Perhubungan menunjukkan per Oktober 2022, terdapat sekitar 28.188 kendaraan listrik di Indonesia. Angka itu terdiri atas 22.942 roda dua, dan 4.904 roda empat, sisanya bus, truk, dan kendaraan roda tiga.

Pada 2025, pemerintah menargetkan akan ada sekitar 2,5 juta kendaraan listrik mengaspal di Indonesia.

Adapun Elon Musk menjadi pembicara dalam rangkaian B20 Summit pada hari ini, Senin, 14 November 2022 secara virtual. Dalam kesempatan itu, ia pun mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menuju era elektrifikasi.

"Menurut saya, Indonesia berkontribusi dengan memproduksi bahan mentah seperti lithium. Dengan adanya konektivitas dan edukasi, saya pikir Indonesia akan menjadi negara hebat di dunia," ujar Elon Musk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com