Truk Listrik Tesla Semi Tertangkap Kamera, Akselerasi Mulus Hening

Kompas.com - 01/11/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla Semi, truk listrik asal Amerika Serikat segera dikirim ke konsumen, tepatnya awal Desember ke Pepsi. Oleh karena itu, saat ini sering terpantau Semi yang sedang diuji coba jalan.

Misalnya seperti yang diunggah akun Twitter Hinrchszen yang menampilkan video Tesla Semi sedang berakselerasi dengan kondisi membawa trailer. Video tersebut kabarnya diambil di dekat Gigafactory Tesla di Nevada.

Tampak Semi sedang mau masuk ke jalan utama di persimpangan. Ketika berakselerasi, Semi terlihat melaju dan hening alias tanpa suara. Memang, belum pasti berapa beban yang dibawa pada trailer tersebut.

Baca juga: Wujud Tesla Cybertruck Produksi Massal, Pakai Setir ala Model S Plaid

 

Sebenarnya, Tesla pernah klaim kalau truk Semi bisa berakselerasi dari 0-96,5 kpj dalam 20 detik saat membawa beban penuh. Tapi kembali lagi, sebenarnya pada angkutan barang, yang penting adalah kemampuan membawa barang dan jarak tempuh, bukan akselerasi.

Dikutip dari Insideevs, Tesla Semi punya GVW 37.195 Kg termasuk dengan trailer. Kemudian untuk versi paling tinggi, akan punya jarak jelajah sampai 800 Km sambil membawa beban.

Untuk produksi Semi, sudah dimulai di Nevada dengan target produksi sebanyak 50.000 unit sampai 2024. Pengiriman perdana Tesla Semi akan dilakukan pada awal Desember dan Pepsi sebagai konsumen pertama.

Baca juga: Benarkah Tak Boleh Langsung Matikan Mesin Diesel Setelah Berhenti?


Seiring dengan peluncuran Tesla Semi tentu ke depannya akan meningkatkan infrastruktur untuk truk listrik. Hal ini dikarenakan, charging station dengan daya 1 Mega Watt akan hadir untuk Tesla Semi.

Tesla sendiri mengklaim, Semi ketika dicas dengan daya sebesar 1 Mega Watt selama 30 menit, bisa menempuh 70 persen dari jarak tempuh truk listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.