Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Desain Yamaha Grand Filano dan Honda Stylo 160

Kompas.com - 23/10/2024, 18:04 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Segmen skutik bergaya retro semakin ramai setelah kehadiran Honda Stylo 160. Seperti tak ingin ketinggalan, Yamaha yang lebih dulu meluncurkan Grand Filano pada 2023 kembali merilis warna baru pada Februari 2024, tak lama setelah peluncuran Stylo 160.

Pada tahun ini, Yamaha Grand Filano memiliki tambahan warna baru pada tipe Neo, yakni Neo Pink Mauve dan Neo Yellow.

Adapun untuk pilihan varian warna Neo lain seperti Neo Dull Blue, Neo Matte Black, dan Neo Red masih tersedia.

Baca juga: Siap Meluncur Harga Hyundai All New Santa Fe Tembus di Atas Rp 500 Juta

Yamaha Grand FilanoKOMPAS.com/FATHAN Yamaha Grand Filano

Sedangkan bagi konsumen yang menginginkan tipe Lux, terdapat dua warna, yaitu Lux White Pearl dan warna baru Lux Dark Silver.

Dengan harga jual Rp 27,305 juta (tipe Neo) dan Rp 28,055 juta (tipe Lux Connected) jelas bersaing langsung dengan Honda Stylo 160, khususnya tipe CBS yang dibanderol Rp 28,045 juta.

Untuk tipe CBS, Stylo terdiri dari warna-warna glossy yang juga menarik perhatian. Misalnya Glam Red, Glam Black, dan Glam Beige.

Baca juga: Tata Cara Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan di Samsat

Adapun buat konsumen yang mengincar warna doff seperti Royal Matte White dan Royal Matte Black, serta satu warna glossy Royal Green, harus naik ke tipe ABS yang dijual Rp 31,035 juta.

Bicara soal desain, memang kembali lagi ke selera konsumen. Meski sama-sama mengusung gaya skutik retro, keduanya memiliki perbedaan.

Grand Filano tampil dengan desain bodi yang lebih gambot. Sementara Stylo 160 lebih ramping dan terlihat proporsional.

Baca juga: Bongkar Trik Curang Oknum Penjual Mobil Bekas yang Akali Masalah Mesin

Yamaha Grand FilanoKOMPAS.com/FATHAN Yamaha Grand Filano

Meski begitu, Grand Filano hadir dengan desain yang lebih baik dari sisi fungsi. Ruang kaki pengendara terasa lebih lega dan lebih nyaman buat perjalanan jauh, berkat segitiga berkendara yang ergonomis.

Begitu juga dengan desain jok dan footstep bagi penumpang belakang, yang bisa menopang bokong dengan utuh dan memiliki pijakan kaki yang nyaman.

Adapun Stylo 160 saat diduduki terasa lebih ringkas dan kecil. Posisi dek tengah juga lebih tinggi, membuat posisi kaki yang lebih naik.

Selain itu, setang Stylo 160 terasa lebih tinggi ketimbang Grand Filano yang lebih merunduk. Meski begitu, buat pengendara dengan tinggi 163 Cm seperti test rider Kompas.com, saat menaiki kedua skutik ini harus jinjit.

Baca juga: Mazda Akan Pasarkan Beragam Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia

Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Stylo 160 CBS

Kemudian, posisi footstep penumpang belakang juga terasa lebih tinggi dibandingkan Grand Filano. Membuat kaki penumpang kurang rileks dan lebih menekuk.

Sementara itu, jok Grand Filano terasa lebih empuk dan lebih nyaman buat perjalanan jauh ketimbang Stylo 160 yang cenderung agak kaku.

Kemudian perbedaan juga terlihat dari letak tangki BBM, di mana Grand Filano hadir dengan tangki BBM di dasbor depan pengendara, yang membuat skutik ini punya bagasi seluas 27 liter lengkap dengan lampu LED.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru ke Stasiun Tegalluar, Tarif Rp 15.000

Honda Stylo 160 CBSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Stylo 160 CBS

Sedangkan tangki BBM Stylo 160 berada di bawah jok, dengan luas bagasi yang terbatas. Ruang penyimpanan ini hanya bisa dimuati benda-benda seperti jas hujan, sarung tangan, dan beberapa benda yang tidak terlalu besar lainnya.

Harus diakui tampilan Stylo 160 lebih ganteng ketimbang Grand Filano. Namun buat yang lebih mementingkan fungsionalitas, desain Grand Filano memang terasa lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau