Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Harga Mobil Hybrid Bekas, Toyota Prius Mulai Rp 190 Jutaan

Kompas.com - 14/11/2022, 10:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang tertarik untuk beralih dari kendaraan konvensional, ada sejumlah pilihan yang ditawarkan seperti kendaraan listrik dan kendaraan hybrid. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika ingin merasakan sepenuhnya sensasi berkendara kendaraan listrik, saat ini pilihan mobil listrik sudah semakin beragam dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 200 jutaan hingga Rp 1 miliar atau lebih.

Baca juga: Alasan Honda Indonesia Mulai Era Elektrifikasi dengan Produk Hybrid

Di samping itu, ada juga mobil hybrid. Jenis mobil ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi berkendara mobil listrik tanpa sepenuhnya meninggalkan model konvensional.

Dengan mobil hybrid, tenaga yang dihasilkan untuk menggerakan mobil berasal dari kombinasi antara bahan bakar minyak (BBM) dengan motor listrik.

Maka dari itu diklaim membuat konsumsi bahan bakar mobil hybrid lebih efisien ketimbang mobil konvensional. Karena, sumber tenaganya dibantu oleh motor listrik. Pada beberapa mobil juga ada opsi untuk hanya menggunakan salah satu sumber tenaga: bensin atau motor listrik.

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Baca juga: Ini Satu-satunya Tol yang Boleh Dilewati Sepeda Motor

Mobil hybrid saat ini juga dapat ditemukan di pasaran mobil bekas dengan mudah. Namun perlu diingat, harganya bervariasi tergantung dari kondisi keseluruhan mobil dan jenis mobil hybrid.

Misalnya untuk mobil plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), harganya lebih mahal ketimbang mild hybrid karena tidak seperti mobil hybrid lain, PHEV bisa diisi dayanya dengan cara di-charge, tidak hanya dengan menggunakan bensin.

Kemudian saat akan membeli mobil hybrid bekas, calon pembeli juga harus memperhatikan kondisi baterai dan motor listrik sebelum membeli. Kondisi baterai listrik jadi salah satu hal yang krusial, karena saat ini harganya masih terbilang tinggi dan jumlahnya terbatas satu.

Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid berjalan di jalananKOMPAS.com/Adityo Wisnu Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid berjalan di jalanan

Berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah bursa mobil bekas daring, Senin (14/11/2022), berikut ini adalah kisaran harga mobil hybrid bekas yang bisa jadi pilihan:

  • Toyota Prius 1.5 Hybrid tahun 2007, harga Rp 190 jutaan
  • Toyota Camry 2.5 Hybrid tahun 2014, harga Rp 280 jutaan
  • Toyota Camry 2.5 Hybrid tahun 2017, harga Rp 390 jutaan
  • Honda CR-Z 1.5 Hybrid tahun 2013, harga Rp 280 jutaan
  • Honda CR-Z 1.5 Hybrid tahun 2014, harga Rp 320 jutaan
  • Nissan Kicks 1.2 tahun 2020, harga Rp 370 jutaan
  • Suzuki Ertiga 1.5 Hybrid GX tahun 2022, harga Rp 240 jutaan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com