Kompas.com - 14/11/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertarungan skutik entry level kelas 125 cc cukup padat, tercatat ada beberapa merek yang terjun ke segmen ini karena melihat pasar yang besar.

Salah satu pemainnya ialah Honda yang baru meluncurkan New Honda Vario 125 beberapa waktu lalu. Secara kubikasi, skutik baru Honda itu bertarung dengan Yamaha Fazzio hybrid.

Baca juga: Keuntungan Turbo pada Mobil dengan Kapasitas Mesin Kecil

Soal desain serta fitur kedua motor ini berbeda. New Vario bergaya sporty, sedangkan Fazzio neo retro. Fitur juga berbeda sebab skutik Yamaha teknologi hibrida yang diklaim lebih irit.

Yamaha Fazzio edisi MotoGP dan World GP 60th Anniversary Livery.Dok. Yamaha SBW Yamaha Fazzio edisi MotoGP dan World GP 60th Anniversary Livery.

Untuk itu Kompas.com akan membandingkan berapa konsumsi bahan bakar keduanya.

Untuk diketahui, mesin New Vario 125 dan Vari 125 model lama sebetulnya serupa, yakni 125cc dengan teknologi eSP yang menghasilkan 8,2 kW (11,1 PS) pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Honda menyebut New Vario 125 merupakan skutik dengan nilai konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya. Motor mampu melaju 51,7 km per liter dengan metode WMTC (EURO 3, ISS ON).

Pada tes konsumsi BBM kali ini Kompas.com menggunakan metode ukur full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Baca juga: Toyota bZ4X Mulai Pamer Diri di Bali

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Motor diajak jalan dalam kondisi bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet serta juga lengang dengan kondisi ISS menyala. Adapun bensin yang dipakai RON 92.

Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi. Motor sering dibawa kencang sesuai pemakaian normal.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 147 Km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 3,07 liter, hasilnya didapat 47,8 Km per liter.

Baca juga: Langkah Polisi Jika Temui Kendaraan Listrik Habis Daya Selama KTT G20

Yamaha Fazzio di booth Yamaha saat IIMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha Fazzio di booth Yamaha saat IIMS 2022

Adapun Fazzio Hybrid saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 120 Km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 2,71 liter. Hasilnya didapat 44,2 Km per liter.

Fazzio Hybrid kemudian dites lagi dengan pengendara berbeda yang memiliki profil tinggi 161 Cm dan berat 60 Kg.

Setelah menempuh jarak 69,9 km, BBM yang terpakai Fazzio sebanyak 1,00 liter. Maka hasil perhitungan konsumsi BBM mencapai 69,9 Km per liter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.