Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) alias Proving Ground berstandar internasional di Bekasi, Jawa Barat direncanakan akan segera dibangun menjadi balai pengujian berstandar internasional oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya sedang memastikan kesiapan akan dimulainya proyek pembangunan proving ground atau vehicle testing certification center (VTCC).

Baca juga: Toyota bZ4X Mulai Pamer Diri di Bali

“Insha Allah kita mulai pembangunan usai KTT G20 dan semoga bapak Presiden berkenan untuk melakukan groundbreaking,” kata Menhub pada keterangan tertulis, Minggu (13/11/2022).

Dengan adanya pembangunan Proving Ground BPLJSKB Bekasi, pelaksanaan uji tipe yang selama ini dilaksanakan di luar negeri nantinya bisa dilaksanakan di Indonesia. Kemudian potensi ekspor kendaraan dari industri otomotif Indonesia juga akan makin meningkat.


Budi juga mengatakan, saat ini kemampuan balai pengujian di Bekasi baru memenuhi strata kualifikasi Euro 4 sehingga hanya mampu untuk melakukan pengujian kendaraan yang akan dipasarkan di dalam negeri. 

“Jika ini selesai dibangun, kita akan melompat ke Euro 6, sehingga kendaraan yang diuji di sini tidak perlu lagi melakukan pengujian di luar negeri,” kata Budi.

Proving Ground Kemenhub di BekasiKEMENHUB Proving Ground Kemenhub di Bekasi


Dengan pengujian berstrata kualifikasi Euro 5 hingga Euro 6, maka emisi gas buang kendaraan akan semakin rendah, konsumsi bahan bakar semakin efisien, dan tingkat kebisingan semakin rendah.

Baca juga: Bukan Swap Baterai, Ini Salah Satu Penghambat Pemakaian Motor Listrik

Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menurunkan emisi gas buang (dekarbonisasi) di sektor transportasi yang berkontribusi cukup tinggi terhadap isu lingkungan.

“Semoga dengan adanya proving ground berstandar internasional ini akan menjadi titik kebangkitan industri otomotif di Indonesia, dan menjadikannya semakin kompetitif dan mampu bersaing di pasar global,” kata Budi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.