Kompas.com - 11/11/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim depan, tim RNF Racing akan meninggalkan Yamaha untuk Aprilia. Tim asal Malaysia tersebut akan menjadi tim satelit Aprilia.

Tim satelit ini memang kurang beruntung musim ini. Darryn Binder yang loncat langsung dari Moto3 jauh dari kompetitif. Andrea Dovizioso memutuskan untuk pensiun. Sedangkan Cal Crutchlow, sudah menyatakan pensiun dan fokus menjadi test rider dipaksa mengisi joki menggantikan Dovizioso.

Baca juga: Marquez Sebut Honda RC213V Belum Siap Jadi Juara Dunia MotoGP

Untuk musim depan, RNF akan diisi oleh Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Kedua pebalap ini bisa dikatakan cukup kompetitif.

Tim RNF ApriliaDok. Gold & Goose Tim RNF Aprilia

Manajer Tim RNF Wilco Zeelenberg mengatakan, ada beberapa perbedaan bekerja dengan Yamaha dan Aprilia. Menurutnya, komunikasi di Aprilia sedikit lebih mudah.

"Orang Italia tidak bagus bahasa Inggris-nya, tapi orang Jepang lebih tidak bagus lagi. Ini bukan hanya soal berbicara, pemahaman juga berpengaruh," ujar Zeelenberg, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (11/11/2022).

Baca juga: Curhat Aleix Espargaro Usai Gagal Finis Tiga Besar di MotoGP 2022

Zeelenberg menambahkan, sangat mudah untuk salah paham jika salah menjawab, bahkan hanya dengan iya atau tidak. Selain itu, terdapat perbedaan budaya yang sangat besar.

Tim RNF ApriliaDok. Gold & Goose Tim RNF Aprilia

"Kita tahu dengan orang Jepang, itu tidak akan pernah berubah. Dengan orang Italia jelas, semua tentang balap dan mereka meminta arah yang jelas. Mereka tahu cara kerja kami harus sangat baik. Bagi mereka, ini semua tentang performa langsung dan tanpa berputar-putar," kata Zeelenberg.

Mantan pebalap asal Belanda ini mengatakan, dia akan ke Aprilia untuk mempelajari lebih lanjut filosofi perusahaan dan pengembangan motor.

Tim RNF nantinya akan memiliki posisi yang tidak jauh berbeda seperti waktu bersama Yamaha. Para pebalapnya juga akan didukung oleh tim pabrikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.