Kompas.com - 10/11/2022, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez saat ini sudah tiga musim berada di kelas MotoGP. Setelah tiga musim bersama Honda, akhirnya dia berpisah juga.

Berbeda dengan sang kakak, Marc Marquez, yang sejak awal masuk MotoGP di musim 2013 hingga sekarang, selalu berada di tim yang sama, yakni Repsol Honda Team.

Baca juga: Alex Marquez Merasa Cocok dengan Motor Ducati

Alex naik ke MotoGP dengan kontrak Honda Racing Corporation (HRC). Dia satu musim berada di Repsol Honda Team, menjadi rekan setim kakaknya.

Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pembalap LCR Honda Castrol asal Spanyol Alex Marquez bertanding dalam sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Lalu, musim kedua dan ketiga, pindah ke tim satelit LCR Honda. Perpisahannya dengan Honda ternyata tidak dilakukan dengan positif.

"Saya ingin mengucapkan selamat tinggal dengan berbeda, tapi itulah yang terjadi," ujar Alex, dikutip dari Crash.net, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Curhat Alex Marquez Soal Motor Honda, Tidak Sabar Pindah ke Ducati

Alex mengatakan, sejak lap pertama dia memiliki masalah dengan motor yang temperatur mesinnya terlalu panas. Pengereman mesin juga tidak bekerja dengan baik.

Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022GORINI_LUCA Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

"Pada Sabtu, motor saya berhenti untuk sesuatu yang serupa. Saya kurang begitu paham apa yang terjadi," kata Alex.

"Saya bilang pada mereka, 'ini motornya, saya pergi.' Saya juga belum meminta motor itu untuk di rumah," ujarnya.

Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022GORINI_LUCA Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Hubungan Alex dengan Honda sudah benar-benar selesai. Sebab, untuk musim 2022, kontraknya adalah dengan tim satelit LCR Honda, bukan dengan HRC.

Dia pun bebas berkomentar apapun tentang motor barunya. Berbeda dengan Pol Espargaro yang pindah ke Gasgas, dia tidak diizinkan berkomentar soal motor tersebut, meskipun sudah mengetesnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.