Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Sediakan Segitiga Pengaman di Bagasi Mobil

Kompas.com - 06/11/2022, 17:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Reflektor segitiga berwarna merah perlu selalu disediakan di dalam bagasi mobil. Pasalnya, segitiga tersebut sangat berguna ketika mobil mengalami kendala di jalan yang mengharuskan berhenti di jalan.

Segitiga merah ini terbuat dari bahan yang ringan serta dapat menyala bila terpantul cahaya lampu. Biasanya, segitiga ini dipasang di belakang mobil yang berhenti di bahu jalan sebagai tanda peringatan untuk pengguna jalan lain.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan reflektor segitiga merah cukup penting untuk perlengkapan mobil, setidaknya disarankan selalu tersedia di dalam bagasi mobil.

Baca juga: Cara Pasang Segitiga Pengaman yang Benar di Bahu Jalan Tol

Ilustrasi Pasang Segitiga Pengaman ketika Mobil Berhenti di Pinggir Jalan.istimewa Ilustrasi Pasang Segitiga Pengaman ketika Mobil Berhenti di Pinggir Jalan.

“Triangle atau reflektor segitiga merah menjadi perlengkapan mobil yang cukup penting, pasalnya alat ini bisa dijadikan sebagai tanda bahwa ada mobil berhenti karena kondisi darurat, jadi pengguna jalan bisa lebih mewaspadai,” ucap Ibrohim kepada Kompas,com, Minggu (6/11/2022).

Dia mengatakan tanpa triangle sebagai rambu-rambu, maka mobil yang berhenti di bahu jalan atau di tempat yang tidak seharusnya bisa membahayakan diri dan pengguna jalan lain.

“Seperti di jalan tol, ketika mobil berhenti di bahu jalan wajib memasang triangle sebagai pertanda, minimal tanda tersebut diletakkan 100 meter di belakang mobil,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Begini Cara Benar Pasang Segitiga Pengaman di Jalan

Dia mengatakan bila tidak ada segitiga pengaman tersebut maka bisa saja ada peluang bahaya mobil menabrak dari arah belakang.

“Sebenarnya, alat ini sebagai pelengkap dari lampu hazard, sehingga sinyal bahaya ini lebih mudah ditangkap oleh pengguna jalan lain,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan bila mobil berhenti cukup lama, maka tidak mungkin menyalakan lampu hazard terus menerus karena itu bisa membuat aki tekor. Maka dari itu perlu adanya segitiga merah sebagai pengaman.

Baca juga: Mobil Berhenti Darurat Wajib Pasang Segitiga Pengaman

Jadi, segitiga merah pengaman ini sangat penting untuk selalu ada di dalam bagasi mobil mengingat kendala di jalan bisa terjadi kapan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com