Kompas.com - 06/11/2022, 17:21 WIB
|

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Reflektor segitiga berwarna merah perlu selalu disediakan di dalam bagasi mobil. Pasalnya, segitiga tersebut sangat berguna ketika mobil mengalami kendala di jalan yang mengharuskan berhenti di jalan.

Segitiga merah ini terbuat dari bahan yang ringan serta dapat menyala bila terpantul cahaya lampu. Biasanya, segitiga ini dipasang di belakang mobil yang berhenti di bahu jalan sebagai tanda peringatan untuk pengguna jalan lain.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan reflektor segitiga merah cukup penting untuk perlengkapan mobil, setidaknya disarankan selalu tersedia di dalam bagasi mobil.

Baca juga: Cara Pasang Segitiga Pengaman yang Benar di Bahu Jalan Tol

Ilustrasi Pasang Segitiga Pengaman ketika Mobil Berhenti di Pinggir Jalan.istimewa Ilustrasi Pasang Segitiga Pengaman ketika Mobil Berhenti di Pinggir Jalan.

“Triangle atau reflektor segitiga merah menjadi perlengkapan mobil yang cukup penting, pasalnya alat ini bisa dijadikan sebagai tanda bahwa ada mobil berhenti karena kondisi darurat, jadi pengguna jalan bisa lebih mewaspadai,” ucap Ibrohim kepada Kompas,com, Minggu (6/11/2022).

Dia mengatakan tanpa triangle sebagai rambu-rambu, maka mobil yang berhenti di bahu jalan atau di tempat yang tidak seharusnya bisa membahayakan diri dan pengguna jalan lain.

“Seperti di jalan tol, ketika mobil berhenti di bahu jalan wajib memasang triangle sebagai pertanda, minimal tanda tersebut diletakkan 100 meter di belakang mobil,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Begini Cara Benar Pasang Segitiga Pengaman di Jalan

Dia mengatakan bila tidak ada segitiga pengaman tersebut maka bisa saja ada peluang bahaya mobil menabrak dari arah belakang.

“Sebenarnya, alat ini sebagai pelengkap dari lampu hazard, sehingga sinyal bahaya ini lebih mudah ditangkap oleh pengguna jalan lain,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan bila mobil berhenti cukup lama, maka tidak mungkin menyalakan lampu hazard terus menerus karena itu bisa membuat aki tekor. Maka dari itu perlu adanya segitiga merah sebagai pengaman.

Baca juga: Mobil Berhenti Darurat Wajib Pasang Segitiga Pengaman

Jadi, segitiga merah pengaman ini sangat penting untuk selalu ada di dalam bagasi mobil mengingat kendala di jalan bisa terjadi kapan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.