Kompas.com - 04/11/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti kompetitor terkuatnya di segmen small SUV, Honda WR-V masih tetap mempertahankan mesin berkapasitas 1.500 cc, bukan memakai 1.000 cc turbo.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menjelaskan, hal tersebut dikarenakan mesin 1.5L i-VTEC DOHC telah terbukti cocok digunakan di beragam kontur jalan Indonesia dan hemat bahan bakar.

"Dalam pengembangan mobil ini, kita melakukan berbagai macam studi tidak terkecuali mesinnya selama lima tahun belakangan. Hasil yang kami dapat, 1.5 liter sangat cocok untuk kondisi alam dan kebutuhan konsumen," kata dia saat peluncuran WR-V, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Ada Honda WR-V, Cek Perbandingan Harga SUV Murah November 2022

Honda WR-V RS with Honda SensingHPM Honda WR-V RS with Honda Sensing

Apalagi, mesin yang sama sudah disematkan pada HR-V dan BR-V baru yang memang terbukti tangguh ketika dibawa jalanan naik-turun, bergelombang, sampai berlubang.

Di samping itu, penggunaan mesin 1.500 cc pada WR-V juga tak terlepas dari pengenaan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), di mana mobil tetap bisa mendapatkan instrumen perpajakan terendah.

"Hasil tes kami mesin ini juga mendapatkan pajak emisi yang terendah. Jadi (emisinya) di bawah 150 gr per km. Jadi tidak perlu khawatir konsumsi BBM-nya boros, tidak sama sekali," ucap Billy.

Untuk diketahui, WR-V menggunakan mesin 1.5L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW yang mampu menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm.

Baca juga: Kencan Singkat Bersama Honda WR-V, Bodi Ringkas Tenaga Melimpah

World premiere Honda WR-V di IndonesiaKOMPAS.com/Adityo Wisnu World premiere Honda WR-V di Indonesia

Kendati serupa dengan mesin HR-V dan BR-V, pihak Honda telah melakukan penyesuaian khusus pada bagian ECU di mobil seiring dimensi yang lebih kompak sehingga karakteristiknya sedikit beda.

Di sisi lain, kompetitornya seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky memiliki plihan mesin dengan kapasitas lebih rendah, yaitu 1.000 cc turbo dan 1.200 N/A.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.