Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Fungsi Lampu Jauh pada Mobil

Kompas.com - 04/11/2022, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Hampir semua mobil dilengkapi lampu jauh, yaitu pilihan lampu yang mencakup jarak sorot yang lebih jauh atau lebih tinggi. Sehingga, pengendara akan bisa memantau kondisi jalan lebih akurat.

Lampu jauh yang disematkan pada mobil sebenarnya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Hanya saja, kebanyakan orang salah dalam penggunaanya, sehingga penggunaan lampu jauh kerap dianggap kurang bermanfaat.

Lampu jauh memang sebaiknya tidak digunakan secara terus menerus, selain akan menghabiskan daya listrik yang lebih banyak, penggunaan lampu jauh terus menerus akan mengganggu pengguna jalan lain.

Baca juga: Berkomunikasi di Jalan, Baiknya Pakai Klakson atau Lampu Jauh?

Lampu jauh pada mobil- Lampu jauh pada mobil

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan ada beberapa fungsi lampu jauh yang sebenarnya sangat bermanfaat bila digunakan saat berkendara.

“Lampu jauh bisa digunakan sebagai isyarat saat mau mendahului, sehingga mobil di depan lebih menyadari bahwa ada mobil yang akan mendahului, itu bisa menjadi sejenis kalimat permisi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Dia mengatakan lampu jauh bisa juga digunakan untuk memberikan isyarat saat berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan, semacam teguran atau tanda perhatian.

Baca juga: Beda Komunikasi Klakson dan Lampu Jauh pada Kendaraan

Lampu jauh pada mobil-- Lampu jauh pada mobil

“Misal ada mobil dari arah yang berlawanan menggunakan lampu jauh terus menerus, maka kita bisa memainkan lampu jauh sesekali untuk memperingatkannya, atau saat di depan terlihat ada mobil mau menyeberang, sekiranya perlu boleh menyalakan lampu jauh sesekali sebagai isyarat,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan lampu jauh akan sangat berguna ketika mobil yang dikendarai berada di titik yang tidak terlihat oleh pengguna jalan lain, misal ketika berada di tikungan atau persimpangan.

“Lampu jauh bisa dinyalakan agar pengendara dari simpang jalan tahu ada mobil dari arah yang masih belum terlihat atau blind spot, seperti di tikungan atau persimpangan jalan, dan titik lain yang mungkin tidak terlihat oleh pengguna jalan lain,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Buat Pengendara Mobil, Ini Kondisi Tepat Gunakan Lampu Jauh

Lampu jauh pada mobil- Lampu jauh pada mobil

Dia mengatakan dengan menyalakan lampu jauh, maka pengguna jalan lain akan lebih dulu mengetahui ada mobil dari arah tersebut meski mobil belum terlihat, hal itu akan mengurangi risiko kecelakaan tentu saja.

“Lampu jauh juga bisa digunakan terus menerus selama perjalan, asalkan kita sendirian di jalan yang tidak ada penerangan jalannya, misal di pegunungan atau di tengah hutan, itu akan sangat bermanfaat karena jangkauan penglihatan pengendara menjadi semakin jauh ke depan,” ucap Ibrohim.

Dengan demikian, fungsi dari lampu jauh menjadi sangat bermanfaat bagi pengendara dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com