Kompas.com - 04/11/2022, 10:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Hampir semua mobil dilengkapi lampu jauh, yaitu pilihan lampu yang mencakup jarak sorot yang lebih jauh atau lebih tinggi. Sehingga, pengendara akan bisa memantau kondisi jalan lebih akurat.

Lampu jauh yang disematkan pada mobil sebenarnya memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Hanya saja, kebanyakan orang salah dalam penggunaanya, sehingga penggunaan lampu jauh kerap dianggap kurang bermanfaat.

Lampu jauh memang sebaiknya tidak digunakan secara terus menerus, selain akan menghabiskan daya listrik yang lebih banyak, penggunaan lampu jauh terus menerus akan mengganggu pengguna jalan lain.

Baca juga: Berkomunikasi di Jalan, Baiknya Pakai Klakson atau Lampu Jauh?

Lampu jauh pada mobil- Lampu jauh pada mobil

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan ada beberapa fungsi lampu jauh yang sebenarnya sangat bermanfaat bila digunakan saat berkendara.

“Lampu jauh bisa digunakan sebagai isyarat saat mau mendahului, sehingga mobil di depan lebih menyadari bahwa ada mobil yang akan mendahului, itu bisa menjadi sejenis kalimat permisi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Dia mengatakan lampu jauh bisa juga digunakan untuk memberikan isyarat saat berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan, semacam teguran atau tanda perhatian.

Baca juga: Beda Komunikasi Klakson dan Lampu Jauh pada Kendaraan

Lampu jauh pada mobil-- Lampu jauh pada mobil

“Misal ada mobil dari arah yang berlawanan menggunakan lampu jauh terus menerus, maka kita bisa memainkan lampu jauh sesekali untuk memperingatkannya, atau saat di depan terlihat ada mobil mau menyeberang, sekiranya perlu boleh menyalakan lampu jauh sesekali sebagai isyarat,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan lampu jauh akan sangat berguna ketika mobil yang dikendarai berada di titik yang tidak terlihat oleh pengguna jalan lain, misal ketika berada di tikungan atau persimpangan.

“Lampu jauh bisa dinyalakan agar pengendara dari simpang jalan tahu ada mobil dari arah yang masih belum terlihat atau blind spot, seperti di tikungan atau persimpangan jalan, dan titik lain yang mungkin tidak terlihat oleh pengguna jalan lain,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Buat Pengendara Mobil, Ini Kondisi Tepat Gunakan Lampu Jauh

Lampu jauh pada mobil- Lampu jauh pada mobil

Dia mengatakan dengan menyalakan lampu jauh, maka pengguna jalan lain akan lebih dulu mengetahui ada mobil dari arah tersebut meski mobil belum terlihat, hal itu akan mengurangi risiko kecelakaan tentu saja.

“Lampu jauh juga bisa digunakan terus menerus selama perjalan, asalkan kita sendirian di jalan yang tidak ada penerangan jalannya, misal di pegunungan atau di tengah hutan, itu akan sangat bermanfaat karena jangkauan penglihatan pengendara menjadi semakin jauh ke depan,” ucap Ibrohim.

Dengan demikian, fungsi dari lampu jauh menjadi sangat bermanfaat bagi pengendara dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.