Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Nudah Parkir Mobil di Mal buat Pengemudi Pemula

Kompas.com - 30/10/2022, 16:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Parkir menjadi salah satu hal yang harus dikuasai oleh setiap pengendara mobil.

Namun, memarkirkan mobil di pusat perbelanjaan atau mall kerap kali menjadi tantangan bagi para pengendara mobil. Area parkir mal seringkali menjadi wilayah yang menantang bagi para pengemudi pemula.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika parkir mobil di mal biasanya membutuhkan teknik parkir seri.

Baca juga: Kenapa Airbag Bisa Gagal Mengembang Saat Kecelakaan?

Parkir seri adalah di mana posisi mobil tidak sejajar lurus depan belakang melainkan berjajar ke samping. Posisi mobil terparkir harus tegak lurus dengan sudut 90 derajat dari badan jalan utama.

Pengemudi harus bisa mengepaskan posisi mobil, tidak terlalu ke kanan atau ke kiri sehingga bisa memberi ruang yang pas untuk mobil di sebelahnya.

Maka dari itu, parkir seri membutuhkan keahlian khusus dibanding parkir paralel.

“Pertama-tama yang aman bila parkir seri adalah dengan memundurkan kendaraan. Hal ini agar jika kondisinya ada kebakaran, gempa bumi atau keadaan darurat apa pun kita lebih mudah untuk keluar,” kata Marcell kepada Kompas.com, Minggu (30/10/2022).

Posisi Parkir Mobil di Lahan ParkirDicky Aditya Wijaya Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir

Berdasarkan Youtube RDC, saat hendak melakukan parkir seri, pengendara harus bisa memastikan jarak awal dari setiap sisi yaitu cukup untuk satu pintu mobil saat hendak dibuka. Kemudian, sejajarkan pilar B dengan garis parkir sebelah kanan.

Lalu belokan kemudi mobil menjauh dari ruang parkir yang dilanjutkan memajukan mobil ke depan hingga pilar D sejajar dengan garis parkir sebelah kanan.

Baca juga: Cara Baru Beli Ban Motor, Bisa Dicoba via Virtual Sebelum Dipasang

Kemudian, putar kemudi ke arah kanan, dan memundurkan kendaraan ke arah ruang parkir. Hentikan kendaraan saat bodi mobil telah lurus, lalu luruskan arah kemudi dan mundurkan kendaraan secara perlahan ke ruang parkir

“Pengendara juga bisa sambil membuka kaca pada jendela mobil agar penglihatan lebih jelas,” kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.