Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Lambat dan Cepat di Jalan Margonda Mau Dibongkar

Kompas.com - 18/10/2022, 16:43 WIB
|

DEPOK, KOMPAS.com – Lalu lintas Jalan Margonda, Depok, akhir-akhir ini sering macet. Sumber kemacetan tidak lain adalah proyek revitalisasi trotoar yang mengakibatkan tersendatnya arus kendaraan.

Pengendara tidak hanya harus mengatur waktu perjalanan agar tidak telat sampai di tujuan, tapi juga lebih berhati-hati karena ada pekerjaan proyek tersebut di sisi jalan.

Wali Kota Depok Mohammad Idris, mengatakan, pihaknya ingin menata pedestrian di Jalan Margonda Raya dengan sesuatu yang baru, karena itu lebar jalur bagi pejalan kaki tersebut akan dibuat 4 meter.

Selain itu, nantinya separator di Jalan Margonda Raya akan dihilangkan, sehingga aturan jalur lambat dan jalur cepat di sana tidak berlaku lagi.

Baca juga: Fenomena Polisi yang Aktif dalam Komunitas Otomotif

Kondisi kemacetan di kedua ruas Jalan Margonda Raya, Depok pada Selasa (16/8/2022) malam. Kemacetan itu diduga karena Jalan Arief Rahman Hakim tergenang banjir.M Chaerul Halim Kondisi kemacetan di kedua ruas Jalan Margonda Raya, Depok pada Selasa (16/8/2022) malam. Kemacetan itu diduga karena Jalan Arief Rahman Hakim tergenang banjir.

“Jadi semua sama (jalur di Jalan Margonda Raya), kita buat garis-garis sambung dan putus-putus itu sebagai sebuah pembelajaran, juga edukasi kepada masyarakat, bahwa tanda itu harus dipaham oleh masyarakat,” ujar dia, disitat dari laman Mohammad Idris (18/10/2022).

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana merevitalisasi jalur pedestrian di segmen 2 Jalan Margonda Raya tahun depan.

Menurut Idris, pihaknya sudah bersurat ke pusat untuk meminta izin atas rencana penataan pedestrian pada segmen 2 Margonda Raya tersebut yang termasuk jalan nasional di Depok.

Baca juga: Mobil Pelat Dewa Pakai Rotator Minta Jalan, Jangan Mau Minggir

“Karena status tanah dan jalannya (Margonda Raya segmen 2) adalah jalan nasional maka kita sudah bersurat kepada mereka (pemerintah pusat) untuk bisa dilaksanakan penataan atau revitalisasi pedestriannya di tahun depan,” ucap Idris.

Seperti diketahui Jalan Margonda Raya segmen 2 yang berstatus jalan nasional dimulai dari Simpang Ramanda hingga Simpang Juanda.

Sementara itu, Pemkot Depok kini sedang merevitalisasi jalur pedestrian di Jalan Margonda Raya lanjutan segmen 1 dan segmen 3 yang merupakan jalan kota.

“Ada dua titik untuk pedestrian di Jalan Margonda, pertama lanjutan segmen 1 menyelesaikan dari ujung kartini sampai ke Ramanda depan dari Balai Kota Depok dan segmen 3 ini dari Juanda ke fly over Universitas Indonesia (UI),” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.