Kompas.com - 18/10/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pasar Multi-Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia, kini semakin ramai dengan hadirnya Kia Carens dan Hyundai Stargazer.

Carens menyasar kelas MPV dengan banderol Rp 389 juta sampai Rp 449 juta. Sedangkan Stargazer masuk ke MPV murah dengan rentang harga mulai Rp 243,3 juta hingga Rp 307,1 juta.

Dengan perbedaan harga yang cukup jauh antara Carens dengan Stargazer, fitur apa saja yang ditawarkan kedua mobil?

Baca juga: Komparasi Kabin Kia Carens dan Hyundai Stargazer

Hyundai StargazerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Hyundai Stargazer

Untuk Carens, untuk sistem penerangan sudah full LED di bagian depan. Sedangkan belakang, lampu kombinasinya juga sudah LED kecuali lampu mundur.

Sedangkan Stargazer, memang sudah dilengkapi dengan DRL dan lampu utama yang LED, namun lampu sein dan fog lamp masih bohlam. Begitu juga di belakang, lampu malam sudah LED, sedangkan lampu sein dan mundur masih memakai bohlam.

Masuk ke kabin, Carens menawarkan fitur seperti sun roof, ventilated seat, sampai sensor parkir di bagian depan dan belakang. Carens juga memberikan wireless charging pad di bagian bawah dasbor.

Baca juga: Mobil Pelat Dewa Pakai Rotator Minta Jalan, Jangan Mau Minggir


Sedangkan Stargazer unggul pada sistem driver asisstance dengan nama Hyundai Smart Sense. Beragam fitur keselamatan disematkan seperti Forward Collision-avoidance assist, Lane Following Assist, High Beam Assist, Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitoring, dan Rear Cross Traffic Collision avoidance assist.

Tapi keduanya juga sudah dilengkapi dengan enam airbag, sampai cruise control. Perbedaan lainnya adalah Carens punya ambience light yang bisa diganti warnanya, sedangkan Stargazer, cuma ada satu warna.

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Soal head unit, keduanya punya unit yang tampak serupa, begitu juga fiturnya seperti Apple CarPlay dan Android Auto yang wireless. Bedanya, Carens sudah dilengkapi dengan speaker dari Bose.

Beralih ke baris kedua, baik Carens dan Stargazer tersedia pilihan bangku captain seat. Namun Carens, punya dua meja lipat di baris kedua, sedangkan Stargazer hanya satu sisi saja.

Kemudian, Carens juga dilengkapi dengan tirai di pintu penumpang belakang. Jadi untuk menambah privacy, Carens lebih mumpuni fiturnya.

Jadi, kalau misalnya mencari mobil yang nyaman dan terasa lebih premium fiturnya, bisa mencoba langsung Kia Carens. Sedangkan Stargazer menawarkan mobil dengan fitur pintar seperti asisten mengemudi yang canggih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.