Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia, Pakai 9.000 Tiang Pancang

Kompas.com - 18/10/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol merupakan infrastruktur yang sudah tidak asing lagi bagi pengendara kendaraan bermotor. Untuk mempermudah mobilitas masyarakat, kini pembangunan jalan bebas hambatan ini kian diperluas.

Bahkan, ada salah satu jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Twitter resminya menyebutkan, jika jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II adalah tol terpanjang di Tanah Air.

Baca juga: Arti Kode Lampu Utama dan Lampu Hazard di Bus AKAP

Jalan Tol Layang terpanjang di Indonesia dengan 9.000 tiang pancang adalah Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II,” pada twitter @KemenPU.


Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Tol Layang Japek dan kini bernama Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) memiliki panjang 36,84 km yang diresmikan pada 2019.

Artinya sudah hampir tiga tahun jalan tol layang tol terpanjang ini menjadi tulang punggung kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang berasal dari Jabodetabek menuju ruas tol di Jawa Barat dan Trans Jawa.

Suasana Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) Cikampek KM 10 yang ditutup sementara di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Penutupan jalan layang MBZ dari pukul 07.00 WIB tersebut akibat kepadatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah Karawang dan akan dibuka bila lalu lintas kembali lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Suasana Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) Cikampek KM 10 yang ditutup sementara di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Penutupan jalan layang MBZ dari pukul 07.00 WIB tersebut akibat kepadatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah Karawang dan akan dibuka bila lalu lintas kembali lancar.

Jalan tol layang terpanjang ini juga berguna untuk memisahkan antara pengendara yang akan menempuh jarak pendek dan jarak jauh. Kemacetan Jakarta-Cikampek juga dapat berkurang setidaknya 30 persen.

“Pembangunan tol layang ini menggunakan Teknologi Sosrobahu yang merupakan sistem tiang pancang hasil karya anak bangsa yaitu Tjokorda Raka Sukawati,” @KemenPU.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Ruang Mesin Mobil

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II juga sudah resmi berganti nama menjadi Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed pada April 2021. 

Penggantian nama ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah menjalin hubungan diplomatik selama 45 tahun dengan Indonesia. UEA merupakan salah satu negara dengan investasi terbesar di Indonesia khususnya di bidang infrastruktur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.