Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2022, 13:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Tikus merupakan binatang yang suka membawa kotoran dan penyakit pada manusia. Karena, hewan tersebut hidup di lingkungan kotor seperti bak sampah dan saluran air.

Tapi, tikus juga bisa masuk ke rumah, bahkan sampai ke ruang mesin mobil di garasi. Hal itu tentu saja membuat gelisan pemilik kendaraan.

Selain membawa kotoran, tikus juga bisa merusak komponen yang ada di dalam ruang mesin mobil. Maka dari itu, Anda perlu mengusir tikus dari ruang mesin mobil.

Baca juga: Selain Kabel, Komponen Ini Berisiko Rusak akibat Tikus

Kabel-kabel kelistrikan mobil putus akibat digigit tikusDicky Aditya Wijaya Kabel-kabel kelistrikan mobil putus akibat digigit tikus

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan mengusir tikus dari ruang mesin membutuhkan kesabaran, karena hewan ini tidak akan pergi dengan sekali cara mengeluarkan. 

“Harus sabar dalam mengusir tikus dari ruang mesin, pasalnya tikus akan terus berusaha kembali ke tempat-tempat yang disukainya, jadi hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ruang mesin,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Dia mengatakan tikus suka kembali ke tempat-tempat yang disukainya, jadi hal itu berhubungan erat dengan jejak-jejak tikus di dalam ruang mesin.

Baca juga: Awas, Kabel-kabel Ini Paling Rawan jika Digigit Tikus

Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)Ari Purnomo Kondisi kabel mobil yang putus karena digigit tikus. Kejadian ini sering terjadi lantaran tikus menjadikan ruang mesin mobil sebagai sarangnya.(Ari Purnomo)

“Bersihkan ruang mesin dari bau kencing dan kotoran tikus, agar tikus tidak kembali lagi ke ruang tersebut,” ucap Ibrohim.

Dia melanjutkan untuk memberi penerangan di area garasi mobil, dengan ruangan yang terang tikus akan tidak nyaman.

“Ini cara paling efektif, yaitu memberi penerangan di malam hari, tikus paling tidak suka tempat yang terang dan bersih,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Dampak dari Kabel Kelistrikan Mobil yang Digigit Tikus

Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik. SHUTTERSTOCK/TOROOK Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik.

Selain ruang mesin yang harus dibersihkan, Ibrohim juga menyarankan agar ruang garasi ditata agar tidak menjadi tempat yang nyaman untuk tikus.

“Setelah bersih dan terang, bisa membiasakan memanasi mobil di malam hari, kira-kira di jam-jam yang disukai tikus untuk masuk ke ruang mesin,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan cara tersebut cukup efektif berdasarkan pengalaman pribadinya.

Baca juga: Alasan Kenapa Tikus Gemar Masuk Ruang Mesin Mobil

“Awalnya sih tidak menyangka kalau memanasi mobil bisa cukup efektif mengusir tikus, tapi kebiasaan memanasi mobil di jam 10-an, sebelum tidur, membuat tikus tidak kembali lagi ke ruang mesin,” ucap Ibrohim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.